-webkit-border-radius: 100px; -moz-border-radius: 100px; border-radius: 100px; #linkwithin_logolink_0 {display:none;}

Optimal Dengan Kamera Ponsel

Masih tentang foto dengan menggunakan kamera ponsel yang praktis bisa dibawa kemana-mana.

Sekalian mau pamer (ehm !) hasil jepretan dengan kamera ponsel.  Foto-foto berikut ada yang diambil dengan Blackberry Bold (lensa 2 MP) dan ada pula dengan menggunakan Soner Xperia 10 (lensa 7 MP).  Beberapa foto sudah ada yang di-retouch dengan efek untuk mendramatisir hasil gambar walau sebetulnya saya lebih suka yang original version.  






















Pada prinsipnya, mengambil foto dengan kamera ponsel sama seperti menggunakan kamera biasa.  Berikut tips-tipsnya :

  1. Kenali gadget berikut fitur-fitur yang tersedia.  Setiap media tidak sama namun pada umumnya kita bisa merubah setting atau pengaturan misalnya mengaktifkan atau menon-aktifkan lampu flash.
  2. Jaga kebersihan lensa kamera ponsel.  Karena bentuknya yang relatif kecil, bisa dibersihkan dengan menggunakan cotton bud.
  3. Usahakan gadget tidak goyang ketika mengambil foto.  Goyangan pada kamera akan menghasilkan gambar yang tidak fokus.
  4. Harap diingat bahwa daya jangkau lensa kamera ponsel tidak sekuat kamera biasa maka usahakan untuk mengambil gambar dalam jarak dekat.  Seminimal mungkin gunakan fungsi zoom.  Lebih baik kita yang mengatur jarak dibandingkan men-zoom gambar.
  5. Usahakan untuk fokus pada obyek yang akan diambil.  Jangan berpikir untuk memberikan efek.  Kalau toh diperlukan, lakukan kemudian.   
  6. Keuntungan gambar dalam format digital memberikan keleluasaan pada kita untuk menyimpan atau menghapus.  Jadi tidak ada salahnya untuk mengambil gambar lebih dari satu kali pada obyek yang sama.  Gambar dengan hasil yang paling optimal bisa disimpan dan selebihnya bisa dihapus.  Dengan cara demikian, kita juga belajar untuk membandingkan hasil jepretan kita sendiri.

Selamat bermain-main dengan kamera ponsel ya !


4 comments:

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !