-webkit-border-radius: 100px; -moz-border-radius: 100px; border-radius: 100px; #linkwithin_logolink_0 {display:none;}

Asal Muasal Pink Ribbon untuk Breast Cancer


n
Twit #1
Mnurut stlh thn 2009, breast cancer naik peringkatnya jd #1 stlh kanker ovarium, sbg penyebab kematian perempuan Indonesia

Twit #2
Siang ini mba Muti dari yg berbagi pengalamannya sbg breast cancer.

Twit #3
Genetic, life style, stress adl hal2 yg bs memicu breast cancer begitu sharing dr mba Muti selalu cancer survivor.


Twit #4
Breast cancer bs disembuhkan dg menjalani serangkaian medical treatment; breast surgery, chemotherapy, radiotherapy n terapi hormon.

Twit #5
Ternyata breast cancer bs dialami oleh pria jg, kasusnya 1% dibanding wanita .

Twit #6
Ciri2 fisik yg hrs diwaspadai jk Ada kerutan spt kulit jeruk, memar kebiruan,arah putting asimetris atau putng melesak ke DLM

Twit #7
But that's too late so deteksi dini dgn Sadari (Periksa Payudara Sendiri).Waktu idealnya hr ke 7-10 terhitung hr 1 menstruasi

Twit #8
Selain Ada Cek medis; mammogram n USG payudara. Mammo dianjurkan utk USIA >40 thn. Lakukan 1x stahun

Twit #9
How to reduce risks? Mulai hidup sehat, hindari alkohol+rokok, kontrol berat bdn, olah raga, menyusui

Twit #10
Mitos skitar : bra berkawat, pake deodorant roll-on, coffee, woman at young age. Skrg ini banyak ditemukan pasien di usia muda

Twit #11
Oktober adalah bulan sedunia. Biasanya bikin acara, thn 2013 adakan acara jalan santai

Twit #12
Mau tahu lbh jauh ttg & , follow twitter or FB Lovepink Indonesia. Yuk tingkatkan sadar sehat wanita Indonesia!

Itulah 12 "kicauan" yang saya lempar selama sesi berdurasi kurang lebih 2 jam bersama teman-teman dari perwakilan Komunitas Love Pink di suatu siang bulan Juli lalu, di salah satu gedung perkantoran di kawasan selatan Jakarta.

Seandainya Evelyn Lauder si pendiri brand kosmetika dunia Estee Lauder tidak memformalkan pink ribbon sebagai simbol kesadaran kanker payudara setelah beliau mendirikan The Breast Cancer Research Foundation  di Oktober 1992, mungkin hari ini Oktober tidak dicerahi oleh warna merah muda sebagaimana bulan Februari.  So, pink is not only about Valentine, then.

Mulanya di tahun 1992, pita merah jambu hanya menghiasi gerai-gerai kosmetika Estee Lauder di kota New York.  Ternyata hal tersebut diapresiasi oleh banyak orang, tidak saja konsumen fanatik kosmetika tersebut tapi juga masyarakat umum.  Dari situlah kemudian Evelyn secara pribadi berkomitmen untuk menempatkan pita-pita pink di setiap gerai miliknya di seantero Amerika Serikat pada setiap bulan Oktober.  And that's how the pink ribbon globally well known for presenting the care of #breastcancer.

Semenjak itu pula bulan Oktober resmi menjadi bulan khusus bagi penderita wanita dengan kanker payudara.  Dalam #Octoberbreast bisa kita lihat #pinkribbon di berbagai media dan banyak acara digelar yang intinya menebarkan kesadaran pada semua pihak akan penyakit yang satu ini.  

Khusus Indonesia, ada komunitas @lovepinkID yang berpusat di Jakarta.  Komunitas ini beranggotakan para survivor #breastcancer.  Tidak sedikit kegiatan yang mereka lakukan, selain kegiatan tunggal, mereka juga rajin mengadakan acara kolaborasi sosial dengan lembaga atau organisasi lainnya.  Tujuannya satu; mensosialisasikan pada khalayak tentang "apa dan bagaimana" kanker payudara itu.  Sesuai dengan tema yang mereka usung dan tertulis pada logonya; share, love, care.


12 comments:

  1. awesome, baru tau sejarahnya sekarang, selama ini taunya ikutan make aja buat menunjukkan kepedulian. sempat mikir juga, siapa yg nentuin warnanya ya? hihihi, makasih ya mak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ma kasih juga udah mampir, mak Winda ^_^

      Delete
  2. Ngeri membayangkan penyakit ini. Butuh biaya besar dan kekuatan besar untuk bisa sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. I know how it likes karena Alm bapakku meninggal tahun lalu karena CA juga walaupun beda tipe tapi penyakit ini memang menguras segalanya terutama emosi dan materi.

      Delete
  3. Mitos yang tentang bra berkawat, deodoran dll berarti SALAH semua ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih begitu lah, mak...dari sharing session kemarin yang kudapat.
      ma kasih udah mampir :)

      Delete
  4. Baru tahu kalau pita pink untuk kanker payudara, kalau lihat bentuk pita seperti itu aku malah ingetnya HIV ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Googling lagi deh, untuk dapetin info yang lebih cihuy !

      Delete
  5. Oooh gitu. Kirain itu inisiatif NGO atau apa, ternyata malah pemilik brand ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Lusi. Evelyn ini, pemilik brand Clinique juga lho...

      Delete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !