-webkit-border-radius: 100px; -moz-border-radius: 100px; border-radius: 100px; #linkwithin_logolink_0 {display:none;}

Fun Blogging #3, Fun-nya Blogging

Tulisan yang telat be'eng dibuat, tapi daripada ngga nongol yo wis, tayangkan sajah !

Jadi nih, awal tahun 2015 saya buka dengan mengikuti workshop Fun Blogging Kelas Ke-3 tanggal 10 Januari yang dihelat oleh Trio Emak-emak yang juga member KEB.  Mereka tiada lain Mak Haya Aliya Zaki, Mak Shintaries dan Mak Ani Berta.  Bertempat di kantor Qwords, di Gedung Cyber Kuningan, acara bertajuk Fun Blogging ini emang fun.  Selain transfer ilmu sehari penuh, peserta juga dapet goodie bags plus hadiah dari sponsor bagi para pemenang kuis selama acara berlangsung.



Materi pertama Fun Blogging #3 adalah bagaimana menulis konten yang baik, disampaikan oleh Mak Haya.  Materi yang pas banget dibawakan oleh Emak yang satu ini mengingat kiprahnya yang sudah mumpuni di dunia tulis-menulis, baik media cetak maupun blogging.  Perhatikan EYD dan membuat tulisan yang powerfull adalah beberapa hal yang disarankan oleh Mak Haya.  Selain hal teknis menulis, cikgu Haya juga mengingatkan pentingnya menjaga dan memelihara jejaring; para stakeholders yang ada kaitannya dengan tulis-menulis.

Foto bersama seusai acara

Sesi kedua dimulai setelah isoma (Istirahat, Shalat dan Makan).  Penyajinya adalah Mak Shintaries.  Udah tahu dong, kira-kira materi yang disampaikan ?  Yup, ga jauh-jauh dari optimisasi blog.  Dari cikgu yang satu ini, peserta dibekali pengetahuan akan blog yang ramah SEO.  Apa itu SEO dan pentingnya SEO.  Intinya, belajar bagaimana mengoptimalkan tools yang tersedia di internet khususnya Google, agar mesin pencari mengarah ke laman kita dan hasilnya adalah menaikkan tarfik.  Singkatnya begitu.  Saya perhatikan, di sesi kedua ini paling banyak menghasilkan krenyit di dahi peserta ketika mendengar uraian Mak Shinta.  IT banget, Maakkk !! ^_^

Bagian terakhir yang paling seru, karena ngomongin duit !  Hihihi.  Di sesi ketiga ini, Teh Ani Berta berbagi pengalamannya bagaimana menjadikan blog sebagai ladang pundi-pundi alias blog monetizing.  Dari blog yang semuanya gratisan itu –Mak Ani punya 3 blog- juga bisa menghantarkan Teh Ani ini jalan-jalan gratis dibiayai salah satu kliennya, haseekkk !
Kesimpulan saya setelah mengikuti 1-day workshop yang pesertanya tidak melulu ibu-ibu walau digawangi oleh member KEB adalah :
  1. Penting bagi blogger untuk menguasai teknis menulis yang baik dan benar tanpa perlu menghilangkan ciri khas kita sebagai seorang blogger. Karena informasi yang kita sampaikan akan mencerminkan diri kita yang sebenarnya.
  2. Perlu juga bagi seorang blogger untuk mengetahui dan –minimal- menguasai teknik-teknik dasar optimisasi blogging, platform blog misalnya.
  3. Setelah menguasai poin 1 dan 2, optimalkan blog Anda untuk mendapatkan benefit secara materi. Entah ikut lomba, beriklan atau pekerjaan lain yang memang menggunakan blog sebagai medianya.
Segitu aja contekannya. Semoga ada lagi workshop sejenis supaya ilmu bloggingnya tambah joss dan makin semangat ngeblognya !


2 comments:

  1. saya ikut yang pertama bikin, emang materinya mak Shinta paling bikin mumet, tapi mesti di pelajari supaya blognya naik trafiknya.

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !