-webkit-border-radius: 100px; -moz-border-radius: 100px; border-radius: 100px; #linkwithin_logolink_0 {display:none;}

[TUTORIAL] How To Add Top Buttons on Blogspot

Kali ini mau sharing cara menambahkan Top Button pada Blogspot.

Tau yang dimaksud Top Button ?

Yup, betul !

Top Button adalah fitur yang memudahkan kita untuk kembali pada bagian atas suatu artikel jika posisi kita sudah melampaui setengah bagian dari artikel yang kita baca.  Terkadang ketika kita sedang membaca, kita suka pengen tuh balik ke posisi paling atas, nah button ini memudahkan kita dalam melakukannya.

Dengan menyediakan fitur ini pada blog kita, harapannya kita memberikan kemudahan tersebut pada pembaca blog kita.  Ga perlu drag cursor lagi.  Cukup dengan satu klik, langsung deh, meluncur lagi ke posisi atas.

Nah, setelah membandingkan dan mencoba beberapa cara tutorial hasil browsing, menurut saya inilah cara mudah menambahkan Top Button pada Blogspot.



Untuk jenis atau indikator Top Button, bisa pilih gratis di www.scrolltotop.com.  Tentukan jenis desain yang diinginkan, lalu copy paste, jadi deh.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Pilih Lay Out
2. Klik Add a Gadget




4. Akses www.scrolltotop.com di window yang lain dan pilih desain Top Button yang diinginkan.  Copy template yang diinginkan.  Mengingat background blog saya yang putih, rasanya perlu pake tanda yang agak eye catching.  Makanya saya pilih tanda panah putih dengan background pink seperti gambar berikut.

Untuk memastikan bahwa semua kode script tersalin dengan baik, drag [perlebar] kotak template sesuai anak panah warna merah di pojok kanan bawah pada gambar.  Cara menyalinnya dengan menyorot semua kode script, lalu tekan tombol Ctlr dan tombol huruf C secara bersamaan.  Ini dikenal sebagai fungsi Copy [Salin].



5. Pada window ke-2, klik kotak widget seperti gambar #3 di atas.  Arahkan cursor pada kolom Content.  Kemudian tekan tombol Ctlr dan tombol huruf V [fungsi Memindahkan] secara bersamaan pula.  Maka salinan kode script akan tersalin di sini.  Oh ya, kolom Title-nya biarkan kosong aja, ya.

6. Lalu klik Save.


7. Klik Save Arrangement.

8. Lalu klik View Blog.

9. Tadaaa !  Top Button pada blog Anda siap beraksi.





Selamat mencoba.



8 comments:

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !