Waspadai "Ads by Isaver" Malware Virus

by - June 29, 2015




Kalo yang temenan di FB, pasti pernah baca status saya beberapa waktu yang lalu. Bukan status sih, tepatnya pertanyaan.  Pertanyaan frustrasi yang tercetus dari hati yang paling kesel [hallagh !] karena walau udah browsing pun, mba Google yang katanya Mr. Knows Everything itu juga ga bisa kasih solusinya.

Kenapa ?

Tidak lain karena saya menemukan beberapa keanehan di laptop.


Satu, durasi loading jadi lama -pake banget-.
Mengerti sih kalo layanan internet negeri ini belum secepat angin, tapi tingkat kelemotannya bikin pegel hati.  Udah pake cara disk clean-up pun, teteub gak mempan.

Yang kedua.
Kalo klik url malah dirouting ke page yang gak jelas.  Mulai dari laman gaming tapi yang paling sering page belanja online.  Haiyya, bikin proses tambah lama lagi karena saya close satu-satu laman-laman gak penting itu.

Tapi yang ketiga ini yang paling sedih.
Gak bisa tulis komen reply di blog sendiri.  Hiks.
Bagaimana saya bisa membalas komentar para fans ? *toyor jidat sendiri*
Pdahal salah satu hal menghargai kunjungan visitor selain dengan berbalas kunjungan adalah dengan me-reply celotehnya yang sudah ditulis di kolom komentar, iyes 'kannn.

Saya pun browsing namun hasilnya seperti yang saya tulis di awal.  Tidak memuaskan.  The problems remain the same.

Kemudian ada yang menyarankan untuk ganti browser.  Jadilah reply komentar merupakan ritual tersendiri.  Selain alokasi waktu khusus, browser pun pindah ke Mozilla.  Refot, nek !  Memang bisa siy, tapi loadingnya, Masya Allah !  Uji kesabaran bagian kedua, judulnya.  Bales komentar yang bisa dilakukan dalam hitungan detik, berubah jadi kegiatan panjang dan mengesalkan.

Daan....laman yang gak jelas itu masih nongol jugak.  Arrgghhh !
That moment I know something is wrong karena apapun browser yang dipake, pasti kena attack. Virus nih, pikir saya.

Ternyata ada yang luput dari perhatian saya.  Kemudian baru nyadar setiap klik url, selalu terbuka window baru dengan title Isaver.  Pencarian baru pun dimulai.  Kali ini keywordnya ganti menjadi Isaver.  Dan tadaaa ... !!

Ada beberapa laman yang contain kata kunci Isaver.  Dari 3 yang saya anggap mumpuni, website http://malwaretips.com/ yang saya anggap ter-OK.

Ternyata dugaan saya benar, Isaver itu termasuk virus.  Lalu apa sih, Isaver, itu ?

Defini “Ads by Isaver” malware virus


Tuh, 'kaannn.  Bener banget, persis seperti yang saya alami.  Isaver ini biasanya embedded (otomatis menyatu) dengan penyedia software pihak ketiga.  Jadi memang untuk tipe user seperti saya [ngaku deh] yang kadang tidak bisa menahan diri untuk download free software entah dari CNET atau Softonic, rentan terpapar walmare yang satu ini.  Saya jadi inget, terakhir saya baru download WinRar dari Softonic *dhieenggg*

Tapi -ada tapinya juga ternyata- masih mengutip keterangan dari http://malwaretips.com/ , parahnya si Isaver bisa terinstal sendiri tanpa sepengetahuan kita.  Nah, lu ...

Lalu, bagaimana kita tahu jika laptop kesayangan sudah terimbas si Isaver ?  Simak ya.


Panik ?  Ngga perlu.  Keep calm and we can removing this malware by ourselves ^_^

Tinggal ikutin aja langkah-langkahnya di sini.  Jelas dan detil banget.  Walaupun diterangkan dalam Bahasa Inggris, tapi gambar-gambar yang ditampilkan already speaks for itself.  Lengkap; mulai dari remove si virus dari masing-masing tipe browser [IE, Google Chrome, Mozilla], uninstall program virus di laptop hingga memastikan apakah si virus masih bercokol dalam hardware atau ngga.

Alhamdulillah, it works for me.  Laptop saya kembali normal, bersih dari si Isaver.  Ngga ada pop-up banner iklan yang annoying itu dan yang terpenting bisa bales komentar di blog sendiri seperti semula.



Picture source businessadministrationinformation.com with personal modification.

You May Also Like

9 comments

  1. Whaaaaa... Akhirnya aku bisa remove popup2 nyebelin itu dari chrome.
    Makasih, Maaaak :-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mak Carra, annoying banget, si pop-up itu

      Delete
  2. Iyaaa nihhh nyebelinn bangett, komputer aku kenaa juga. Tapi karena dipake rame rame. Kalo di laptop pribadi, usahakan ngga pernah klik yang aneh aneh deh.

    Aku cobaa yaaa

    ReplyDelete
  3. Baru ngerti nii ... selama ini cuma kesel tanpa ilmu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo, bersihkan laptopnya dari virus2 seperti ini mba Muti

      Delete
  4. Aku dah nyoba tapi g berhasil ada dns unlocker dan isaver huhuhu ada yang ampuh lagi ga

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !