3 Free Tools for Tracking Blog Post

by - July 15, 2015

TRACK BLOG POST


Jika bukan karena permintaan agency tentang data pageview dan visitor terkait job review yang saya lakukan, kemungkinan besar saya tidak diggin this up.

Selain Google Analytics ternyata ada aplikasi gratis lainnya yang dapat dijadikan sebagai tracker tool.  3 aplikasi online berikut, selain sebagai URL Tracker, juga berfungsi sebagai URL shortener. URL shortener adalah aplikasi guna menyingkat url suatu blog post karena biasanya url blog post idem ditto dengan judul blog post itu sendiri.  Kenapa url perlu disingkat ?  Biasanya jika kita ingin mempublikasikan suatu postingan di sosial media yang memiliki keterbatasan karakter seperti Twitter.


Yang pertama Goo.gl
Untuk traking, tampilannya lebih sederhana dibanding Analytics.  Biasanya Goo.gl ini dipakai untuk darurat misalnya kondisi terburu-buru.  Walau sederhana namun aplikasi ini menginformasikan pada Anda berapa banyak klik link yang dimaksud beserta sumbernya misalnya dari Twitter atau akun lain.


Kedua Bitly
Untuk keperluan traker, Anda harus Sign-Up dulu ya.  Easy peasy kok, bisa via Facebook atau akun Twitter.  Cara pengoperasiannya mirip Goo.gl

Kelebihan Bitly, ada informasi siapa aja yang menshare link kita berikut jumlah clicks.  Keren 'kan ?


Last one, si Hotsuite.
Kelebihan aplikasi gratis dengan icon Burung Hantu ini punya beberapa kelebihan.  Kesatu, kita bisa integrasikan semua akun sosial media kita ke sini.  Cukup satu aplikasi, semua akun akan termonitor. You name it, mulai dari LinkedIn, Twitter, Facebook.  Praktis.  

Benefit lain, selain punya url shortener, kita bisa atur jadwal kapan mau posting komentar atau status. Nggak cuma tanggal, sampe ke jam berapa mau dipost bisa.  Caranya ?  Lihat ilustrasi berikut. 




Nah, untuk trakernya seperti ini.


Langsung ke URL Stats - Ow.ly aja karena jika fasilitas report yang lain hanya bisa diakses jika Anda meng-upgrade keanggotaan Anda alias bayar.  Saya sih, masih pilih yang heratis #teteuubb ^_^

Nah, silahkan dipilih deh sesuai dengan kebutuhan Anda.  Next time, dapet job review, udah tahu mau bikin laporan ke sponsornya pake aplikasi yang mana.


You May Also Like

4 comments

  1. Wah, Mba, aku baru tahu kalo Hootsuite bisa ada trackernya juga. Aku kira semuanya harus yang berbayar. Padahal bertahun-tahun pake Hootsuite malah ngga ngeh ada trackernya.
    Thanks for sharing ya. Belajar sesuatu yang baru nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba Ruth, semoga berdaya dengan Hotsuitenya ^_^

      Delete
  2. aku lebih sering pakai Bit.ly

    ReplyDelete
  3. Dulu saya sering pake bitly Mak, sekarang langsung share aja tanpa harus memendekan urlnya hihihi

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !