-webkit-border-radius: 100px; -moz-border-radius: 100px; border-radius: 100px; #linkwithin_logolink_0 {display:none;}

Tips Tantangan 15 Hari Menulis

tips menulis panjang


Di salah satu komunitas yang saya ikuti, sedang berlangsung tantangan #15harimenulis.  Tujuan utama dari si penggagas agar kita-kita yang katanya suka nulis ini, tidak lupa tujuan menulis.  Yang katanya lagi, kalo nulis itu pakai hati.  Jangan cuma untuk ngejar job review semata #uhuk !

Buat saya yang belum pernah ikut program seperti ini, tantangan kali ini benar-benar ‘nantangin’.  Kenapa ?  Well, begini ya.

Dilaksanakan saat bulan Puasa.  Sebetulnya sih, puasanya tidak masalah. Yang bisa jadi batu sandungan adalah 15 hari terhitung dari tanggal 6 Juli kemarin berarti, program ini akan berakhir tanggal 21/7.  Dengan catatan Hari Raya Idul Fitri jatuh di tanggal 17-18 [prakiraan].  Terbayang donk, minggu-minggu Lebaran itu acaranya bisa full day bahkan kadang hingga malam.  Maklum, undangan acara kumpul saudara dan kerabat ada di sana-sini.  Energi sudah terkuras di seharian, masih harus setor tulisan juga !  Eaaaa....


Karena itu, time management jadi kritikal.  Harus pandai-pandai mengatur waktu; supaya ibadah tidak terganggu, urusan dapur lancar –maklum ga punya asisten- tapi setoran menulis pun jalan terus.  Ternyata urusan menulis bisa seheboh ini ?  Buat saya iya.  Mungkin karena tidak terbiasa, ya ?  Belum lagi keinginan menulis yang mood-mood-an [eh, bener ngga nulisnya ?] alias kadang muncul kadang ngumpet.  Walau seringnya ngumpet ^_^

Sebagai antisipasi, di awal program tantangan ini dimulai, saya tuliskan prakiraan 15 tema bakal saya tulis.  And you know what, di hari ke 8 ini, dari 15 tema yang sudah saya tulis ada 4 ide yang terealisasikan.  Empat sisanya adalah postingan yang ditulis secara impulsif, alias menyimpang dari rencana awal, termasuk tulisan ini, #eaaaa.  Saya nggak tahu, this is good or bad.  Probably good karena ide-ide ternyata ada terus.  Tapi jika dilihat dari sudut perencanaan, artinya saya tidak komit pada rencana semula, terjadi penyimpangan sebesar 50%.  Well, well...

tips menulis rally


Kalau di olah raga, tantangan #15harimenulis ini ibarat lari maraton.  Supaya tidak kehabisan nafas di garis finis, rally panjang ini harus dijalani dengan strategi.  Selain punya gambaran kasar akan tema yang hendak ditulis, boleh juga menerapkan metode scheduling untuk posting artikelnya.  Sekiranya dalam sehari kita dapat menyelesaikan lebih dari satu tulisan, baiknya tulis aja semua.  Namun publikasinya kita atur 1 artikel per hari.  Baik blogspot maupun wordpress punya mekanisme ini.

Jadi, mungkinkah tantangan #15harimenulis ini ?  Mungkin saja.  Let's see, sampai di mana kekuatan nafas eh, menulis saya.  Harapannya sih, sampai di garis finis.

Semoga !


Picture image title from Pixabay with personal modification.

14 comments:

  1. *lagi lari ngos2an juga*
    mari cemungud maak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, ada temen 'lari' juga, nih. Yuk, semangat sampai finish line ^_^

      Delete
  2. Yuk Mba, saya temenin lari. Hahaha.
    Sama nih, saya juga nge-list topik yang saya mau tulis, trus ujung-ujungnya melenceng karena pas mau nulis nemu topik yang lebih asyik. Semangat ya sampai finish line!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kupikir aku aja yang suka melenceng, ternyata mba Nina juga :D

      Delete
  3. Hahahaha, aku termasuk yang ngos-ngosan ini. Ngeblog setiap hari itu ternyata tantangan banget ya. Beda sama nulis buat jadi buku. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah seperti main sinetron stripping ya, Mba Wik ? Hihi
      BTW, dakuw mau tuh diajjarin dirimu bagaimanna caranya bikin buku ^_^ #modusmerayu

      Delete
  4. Aakuuuh juga lagi ngos-ngosan, ini sambol rempong packing pula. Gak krbayang ntar ditempat mudik kyk gimana. Jalanin aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah sampai tujuan, Mak Winny. Selamat mudik Dan TT DJ yaahhh

      Delete
  5. he he he, ini tantangan yang berat sekaligus menarik mbak
    saya aja udah 2 kali lewat, alias gagal setor tulisan :)

    tapi semangat sih, apapun itu yang penting usaha...
    #eaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. 15 hari aja seperti gini, gimana yang waktu itu 30 hari ya ?

      Delete
  6. wah saya belum ikutan tantangan 15 hari menulis, selama ini belum sanggup mbak menulis rally

    ReplyDelete
  7. yuk semangat menulis untuk memenuhi tantangan ini

    ReplyDelete
  8. saya ketinggalan mak, dan ngos-ngosan juga -,-

    Tapi tantangan 15 hari menulis ini benar" mengajarkan kita buat survive menulis hehehe


    Semangat buat kita ^^

    ReplyDelete
  9. @Ratna Amalia, Ayooo kamu bisa.....tetap semangat menulis!!

    *Salam blogger :-)

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !