[Review Buku] Hobi Jadi Bisnis

by - May 22, 2019



Saat ini tidak sedikit orang yang menjalankan usahanya berawal dari hobi.  Ditunjang dengan teknologi internet yang membebaskan manusia bekerja dari batasan waktu dan lokasi, maka
hobi jadi bisnis tidak lagi sekadar keniscayaan.

Tapi apakah faktor hobi saja sudah mumpuni untuk merubahnya menjadi usaha?

Apparently not.

Dari sekian banyak hal pendukung, passion adalah salah satu "koentji" nya sebagaimana dijelaskan Carolina Ratri dalam Bab 1 di buku terbarunya Hobi Jadi Bisnis ini.  And I can't agree more.  

Semenjak saya berkecimpung di dunia kreatif -blogging & fotografi- saya melihat sendiri kawan-kawan yang full passionate akhirnya berhasil menjadikan hobinya menjadi bisnis.  Termasuk Carra (that's how I called her), sang penulis dan juga blogger yang saya "kenal" lewat Komunitas Emak-emak Blogger.



Walau tak pernah jumpa langsung (don't you think we should really meet, sometime?), bisa dibilang kami cukup sering berbalas kabar di dunmay.  Termasuk kabar akan kehadiran buku ini; Hobi Jadi Bisnis.

Dalam kacamata saya, buku teranyar ini mempunyai benang merah dengan buku Carra sebelumnya "Blogging: Have Fun and Get The Money".  Both is statement of the action how she turns her hobby into money.  For real.

Seperti terpampang nyata di Bab 4 bagaimana membuat rencana aksi, merealisasikan agar hobi menjadi ladang penghasilan.  

Semua penjabarannya simpel, dijamin ngga akan bikin kening berkerut.  Jika sering blog walking ke website sang penulis, pastinya sudah familiar akan gaya bahasa Carra; lugas kadang menjurus witty.  😁

Bagi saya, membaca buku ini semacam membaca artikel online-nya neng Carra.  Website dengan niche teknis penulisan a.k.a blogging.  Satu diantara 29 hobi berpotensi bisnis (Bab 3) yang ditekuni Carra selama ini.

Buku Hobi Jadi Bisnis ini sudah bisa diperolah toko buku di kota-kota Anda.  Atau pesan online lewat www.StilettoBook.com berikut akun sosmed StilettoBook.

Saya sendiri memperolehnya setelah memberikan voting pemilihan "the most fitting book cover".  Jadi sebelum buku ini turun cetak, sang penulis meminta urun saran pemirsah di akun Facebooknya dengan menampilkan beberapa -kalo gak salah 4 macam- design book cover.   And I was lucky enough to be one of the voter.

Jadi ada 'kontribusi' saya juga dalam kelahiran buku ini walau cuma sebatas milih cover buku doank, hehe.

Thank you atas bukunya, Carra.  Look forward to more books coming 😉



You May Also Like

6 comments

  1. Yayyy!
    Lafff yu pokoknya mah, Mbak :-*

    ReplyDelete
  2. Loh belum pernah ketemu Carra, ya? Semoga bisa ketemu kapan2 supaya ngobrolnya lebih enak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dereng mbakyuuu. Sekalian mitap dengan dikaw yaaa :))

      Delete
  3. seru kalau sudah jatuh cinta sama hobi dan diseriusi jadi bisnis ya. Salam kenal :)

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !