Google’s Theme of the Day, The Trend Setter

by - September 15, 2012

Jika Anda pengguna Google seperti saya maka per kemarin akan melihat gambar seperti ini ketika mengakses halaman muka Google.



Pastinya wanita itu “sesuatu” banget sampai dijadikan Theme of The Day by Google.  Hasil Googling menyajikan bahwa wanita itu adalah Clara Schumann beserta 8 orang anaknya.  Ternyata wanita kelahiran Jerman ini adalah musisi yang cukup berpengaruh di jagad musik klasik.

Ketika Olimpiade London lalu, Google juga mengganti tema harian halaman mukanya sesuai dengan cabang olahraga yang dipertandingkan selama Olimpiade.  Bahkan, tema harian Olimpiade itu bisa diakses juga sebagai game online yang sederhana.   Begitu pula jika ada event internasional lainnya atau hal-hal yang dianggap penting lainnya.

Artinya, Google punya keinginan untuk selalu dekat dengan audiencenya.  Bahkan ingin menjadi pelaku trend setter.  Seperti pada tanggal 12 September kemarin manakala Google menampilkan Clara Schumann sebagai theme of the day-nya, di tanggal yang sama juga Clara menjadi Hot Trends Topic of the day dengan angka mencapai 2,000,000 pencarian di mesin mbah Google hanya untuk region Amerika saja.  Artinya, pada hari itu 2,000,000 kali orang mencatatkan nama Clara di mesin pencari.  Sama seperti yang saya lakukan hanya karena penasaran dengan keingin tahuan gambar siapakah itu ?  Siapa dia atau sepenting apa dia hingga dipajang oleh Google.

Saya jadi menyimpulkan, jika kita tahu dan peka keinginan orang lain maka kita punya kesempatan untuk mempengaruhi lingkungan sekitar (influencer) atau menjadi pelopor (trend setter).  Hal tersebut dapat dilakukan dengan menyajikan temuan yang baru atau menambahkan hal-hal yang tidak biasa.

Dan itulah yang dilakukan terus- menerus oleh Google hingga saya pun can not live my internet without you !



You May Also Like

1 comments

  1. ahhh ya Google Doodle :D saya juga salah satu pengamatnya karena 1. saya pasti tiap hari ada aja yang harus di gugling... 2. doodle nya bagus2 selalu menggelitik saya untuk selalu mau tau hari ini hari apa :)) 3. grafisnya kewren abessssss...

    Inget pas lagi Olympic Game kmrn, tiap hari doodle nya beda2 bahka beberapa bisa dimainin kayak basket, kayaking, lucu-lucuuuu...

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !