Persiapan Kerja Dari Rumah

by - November 23, 2014

Ketika terbersit untuk serius dengan pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah, salah satu yang terlintas di pikiran saya adalah infrastruktur yang diperlukan.  Dari situ saya meninvetarisir kira-kira apa saja yang dibutuhkan guna kelancaran pekerjaan yang bisa dilakukan secara online.  Setelah dibuat daftarnya, ternyata ga banyak item yang dibutuhkan.  Tapi ketika melihat biayanya, cukup membuat saya untuk langsung berhitung.  Quantity wise is not much, but quality wise it cost you a LOT !

Berikut adalah daftar yang saya buat dahulu :

Hardware
     Lihat kebutuhannya.  Jika niatnya mau kerjaan yang bisa dilakukan mobile, sering tidak tetap di satu tempat, baiknya sih pilih laptop.  Namun sekiranya pekerjaan yang akan dilakukan menetap di satu tempat saja, komputer meja alias deskstop adalah jawabannya.  Setelah memutuskan hardware yang diperlukan (bukan yang dikehendaki loh ya..), lanjutkan dengan spesifikasi laptop atau deskstop.  Kenapa demikian ?  Karena level kecanggihan hardware yang kita pilih berbanding lurus dengan harganya ^_^.  So, define what you need.  Not what you want !



Software atau aplikasi
Kalo Cuma untuk browsing dan posting artikel, paket Office Home and Student dari Microsoft udah cukup kok.   Paket software ini sudah termasuk Word, Excel, PowerPoint dan One Note.  4 aplikasi versi orginial Microsoft tersebut bisa dibesut kurang dari 1 juta rupiah (saya beli 2 tahun yll), sudah termasuk 3 lisence.   Office juga punya paket bisnis dimana sudah termasuk aplikasi email Outlook.  Tapi harganya berasa banget di kantong, hehehe.

Untuk kebutuhan email, optimalkan fitur email baik Yahoo! atau Google.  Terbiasa yang template semacam outlook ?  Instal aja aplikasi gratis Thunderbird keluaran Mozilla.  Mirip banget dengan Outlooknya Microsoft Office.  Bisa juga di-sync dengan kalendarnya Google.  Saya juga melakukan ini.

Intinya, maksimalkan free application yang tersedia di jagat maya. 

Tips lainnya, manfaatkan pameran komputer atau event sejenisnya.  Dan sebaiknya survey harga pasar.  Siapa tahu nemu “deal” yang menarik dan menguntungkan ^_^

Koneksi Internet
Kalo kerja online, so pasti koneksi internet kudu juara. 

Yang ini ada kemiripannya dengan point #1.  Kalo kita mobile alias wara-wiri kesana-kemari, sebaiknya pake mobile internet.  Hari gini, hampir semua smart phone/mobile phone bisa dipake untuk tethering.  Tapi kalo mau bedain penggunaan voice dengan data, sebaiknya punya mobile modem atau umum disebut dongle.  Yaitu piranti keras khusus untuk mobile internet.  

Pengalaman saya, jika beli modem embedded dengan kartu dari operator tertentu, ada 2 pilihan; lock card dan open card.   Lock Card artinya modem itu tidak bisa menggunakan kartu selain kartu dari si operator penyedia jasa internet.  Sebaliknya, Open Card modem bisa bebas digunakan untuk SIM Card apa saja.  Waktu itu –mungkin termakan promosi- saya beli yang lock card modem.  Memang jauh lebih murah.  Tapi “murah”nya tidak berumur panjang karena setelah diperhatikan, performa koneksi internet tidak sebaik masa promosi.  Mungkin ini sifatnya subyektif.  

Namun penyesalan selanjutnya adalah soal network coverage yang tidak merata kualitasnya alias ada daerah-daerah yang blank spot.  Sialnya, saya pernah harus bekerja di area di mana modem yang saya miliki tak berdaya alias ga bisa dipake karena di area tersebut di luar coverage area.  Alhasil, manyun tingkat tinggi.  Kalau sudah begitu, hilang sudah fasilitas “paket murah” tadi.  Karena ternyata harus punya juga SIM card dari operator lain.  Akhirnya saya simpulkan, lebih baik beli modem yang mumpuni kemudian baru pilih SIM card internet yang “ramah” alias bisa dipake di mana aja.

Beda cerita kalo pekerjaan kita tidak mengharuskan berjalan-jalan.  Sebaiknya pake fixed internet network karena koneksi dijamin lebih stabil dibanding mobile internet.  Sekarang sudah banyak providernya.  Kalau cinta produk negara bisa pakai si biru milik pemerintah. Di sisi lain, alternatif produk swasta juga banyak kok :) 

Printer (3-in-1)
Walaupun kerja online, namun urusan nge-print dan scan ternyata tidak bisa dihindari.  Kadang, ada saat-saat tertentu di mana kita harus melakukan cetak-mencetak dan memindai.   Demi efisiensi dan kepraktisan maka pilihannya jatuh pada perangkat printer yang juga bisa scan plus fotokopi, cakep deh !  Hampir semua penyedia piranti komputer mempunyai produk 3-in-1 semacam ini.  Bahkan kini yang yang dilengkapi dengan wifi.  Mau ngeprint gampang banget; cukup koneksikan si gadget dengan printer en voila !  Tercetak sudah.

Sejauh ini, saya sudah ganti pakai 2 brand printer yang berbeda.  Yang pertama si HP Deskjet F2200 All-in-One series.  Puas sangat dengan performanya.  Responsif, kualitas printing atau fotokopi okeh bingits seindah aslinya.  Kekurangannya di ink jet.  Relatif boros konsumsinya dan mahal euy !  Ketika mencoba alternatif ink jet refill pake metode suntikan, si printer ngadat.  Gak mau pake tinta KW rupanya.  Bye-bye lah kita padanya.

Sekarang kami beralih pada Epson L210 series.  Masih 3-in1 juga.  Harga beli ekonomis seekonomis harga tinta yang bisa direfill karena brand ini menjual refil yang resmi.  Jadi ga perlu melirik versi KW-nya.  Makin ekonomis karena konsumsi tinta tidak boros.  Tapii...ada tapinya nih; kinerja kurang responsif.  Hasil printing juga kurang kinclong terlebih jika dianggurin kelamaan.  Disarankan agar si printer ini rutin dipakai minimal seminggu sekali.  Entah hanya mencetak selembar saja atau untuk fotokopi.  Dijamin, tintanya lancar jaya.  Ngga beku.  Mirip-mirip manusialah.  Perlu exercise at least sekali dalam seminggu, hehehe.

Tempat kerja atau ruang kerja
Menurut saya ini subyektif banget, tergantung orangnya.   Ada yang bilang penting namun tak sedikit yang beranggapan di mana aja jadi.  Bagi saya, lokasi kerja yang penting bisa menghadirkan atmosfir nyaman sehingga betah bekerja. Sekarang saya bisa berpendapat demikian karena pernah berkurung bekerja di ruang kerja, tapi kok malah ga bisa mikir, begitu nomaden pindah lokasi kerja (baca ruangan), isi kepala malah bertabur ide dan kerjaan pun selesai. 

Ga wajib tapi pastinya kita punya sudut favorit di bagian rumah tempat kita menuangkan ide-ide kreatif kita, ya ga ? 

Oh ya, kalo perlu Tips Kerja Dari Rumah lainnya, silahkan lihat yang ini.

Selamat berkarya !

You May Also Like

11 comments

  1. Keren mak, saya juga berpikir untuk membuat ruang khusus untuk kerja online. Tapi karena menetapnya masih sementara, insya Allah di tempat tinggal selanjutnya :)
    Sekarang menikmati kerja di ruang mana aja hehe.
    Salam kenal ya mbak..

    ReplyDelete
  2. walopun di rumah, fasilitas kerja juga harus mendukung :)

    ReplyDelete
  3. belum kesampaian ni punya ruang kerja sendiri secara rumahnya mungiiil...hihi, semoga bisa tercapai..makasih tipsnyaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mak Dedew !!
      Rumah mungil aja udah keren dengan "anak kostnya" kok, apalagi kalo punya ruangan pertapaan khusus hihihi

      Delete
  4. Salah satu cita-citaku nih mbak. Semoga tahun depan bisa terwujud. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn mba Ugik. Semoga dimudahkan realisasinya.

      Delete
  5. favoritku canon mak, aku sampe punya dua plus HP. sekarang ku jual semua karena mau pindahan hehe. Harus setup office baru lagi di tempat yang baru nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dtiunggu undangan selametan "opis" barunya, mak Rina ^_^

      Delete
    2. Iya memang enakan canon sama HP mbak, soale saya punya epson di rumah sring rusak .:(

      Delete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !