[TUTORIAL] How to Install Embed Image on Blogspot

by - March 17, 2015

Honestly, udah lama penasaran dengan kecanggihan teknologi dimana hanya dengan klik suatu gambar, lalu cuuusssss.......hinggap di suatu laman tertentu.


Setelah jungkir balik (leb4y !), browsing sana-sini termasuk ngerusuhin Mak Shinta Ries (maap ya, Mak ^_^) finally I can make embed image on my own.




Embed image ini saya pakai untuk menggantikan kategori.  So, instead "click" category section, simply click on my embed image as seen on the right of sidebar then it will bring you to the summary of my posting on that specific criteria.  Alasannya kenapa ? Nanti saya share terpisah.

Balik lagi ke topik semula.  Ternyata caranya ga susah, kok.  Karena mudah, jadi pengen sharing deh sama teman-temin semua.

Jadi ya, yang pertama adalah kita harus punya gambarnya dulu.  Gambarnya bisa bikin sendiri atau pake gambar yang ada di internet tapi pastikan gambarnya free ya.  Jangan sembarang comot gambar mengingat sekarang orang-orang udah pada melek hak pakai dan hak cipta.  Setahu saya, gambar yang ada watermarknya itu berbayar.  Karena itu saya memilih bikin gambar sendiri.  Kreasi sendiri, selain aman rasanya ternyata lebih puas.

Sudah siap dengan gambarnya ?  

Now, let get's started !








Karena yang akan kita tautkan gambar, maka copy url link yang ada di kolom Direct seperti ditunjukkan gambar di atas.  Copy url tersebut.  Langkah selanjutnya adalah mengubah url tersebut menjadi script code. 

Untuk mendapatkan script code yang diinginkan, pergunakan Link Generator di www.myspacegens.com.

Klik Link Generator dan akan menemukan tampilan sebagai berikut.  Karena yang akan kita asosiasikan gambar dengan blog kita, maka pilihlah Image Link, bukan Text Link.



Di sini saya menautkan gambar postcard dengan semua postingan saya di blog terkait travel.  Dimana sebelumnya, seluruh postingan tersebut sudah saya beri label travelogue.

Kondisi tersebut akan kita gunakan untuk isian di Click Options (lihat bintang merah nomor 3, gambar di atas).  Di situ saya tuliskan [nama blog/search/label/Travelogue].  Tujuannya, jika kita klik gambar/image postcard bertuliskan Travelogue, yang akan muncul adalah semua tulisan dalam kategori travelogue dari blog saya.  Cool, right ?









Selamat mencoba.

You May Also Like

13 comments

  1. Replies
    1. Alhamdulillah jika berguna. Praktekin ya, mak hihihi

      Delete
  2. Aduuuh, pada pinter nih EmakS yang masih pada ranum, huhuhuu... Bunda tetep aja kalo bikin yang seperti ini "kudu" ada tutor yang konkrit, hehe... Biasalah, dasar sudah uzzuur. Jadi rada-rada ribet apalagi liat tampilan-tampilan di atas, yang, pastinya cuma yang pinter-pinter IT tuh yang tahu. Iya, kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku berasa buah dibilang ranum sama Bunda ^_^

      Delete
  3. Ohhh masukin photo bucket dulu yaa. Lupa euuyy passwordnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik FORGOT PASSWORDS aja, mba Maya.
      Nanti ada email notifikasi di inbox emailmu.

      Delete
  4. Duuhh...seneng banget dapet ilmunya, mau langsung nyoba jadinya. Terimakasih yaa... Nice post! :) Klo masih bingung, boleh nanya nggaak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh bangeuddss. Ditunggu emailnya mak Mutia :)

      Delete
  5. Btw ini dashboard blogger yang lama ya mbak? Mbak masih makek yang versi itu kah? Bukannya sudah di hapus ya mbak. :D

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !