My 3 Recommended Free Online Bulk Picture Resize

by - June 15, 2016


3-recommended-free-online-bulk-picture-resize


Kenapa kita perlu resize picture untuk foto-foto yang akan diposting di blog, sudah pernah dibahas di sini.   Dan seringnya, hingga tulisan sudah siap dipublish, kita masih belum memutuskan gambar mana yang akan diupload sebagai penunjang ilustrasi.  Atau ini hanya problem saya sendiri, ya? ^_^

Untuk kemudahan dan memperkaya ilustrasi postingan biasa, saya biasanya menempatkan 3-4 (max) foto per artikel.  Dan bisa lebih mencantumkan banyak foto jika postingan tentang jalan-jalan.  Tapi kalau kebanyakan foto, nanti jadinya album foto bukan tulisan tentang travelling hehehe.  

Bisa aja sih, saya menetapkan satu pilihan hasil akhir untuk kemudian di resize. Tapi jika dilakukan satu per satu dengan step yang sama, selain makan waktu rasanya kok annoying ?



Nah, di saat yang seperti itulah Bulk Picture Resizing diperlukan.  Setelah menemukan beberapa aplikasi online gratis, berikut My 3 Recommended Free Online Bulk Picture Resize.


Picresize.com

Aplikasi online gratis ini punya 2 fitur.  Resizing untuk single image seperti yang pernah disinggung di sini.  Dan fungsi Batch Resize.  Untuk membedakannya, pastikan url yang diakses adalah http://www.picresize.com/batch.php

Klik mode Batch Resize agar kita dapat mengupload gambar-gambar hasil pilihan.  Untuk itu klik Add Multipile Files seperti yang dilingkari tanda berah berikut.



Setelah gambar-gambar pilihan sudah diupload, akan muncul dashboard navigasi sebagai berikut. Klik Submit Batch Job jika sudah selesai dengan kriteria yang diperlukan.  Hasilnya berupa .zip file yang bisa ditemukan di folder Download di komputer Anda.




Pilihannya tidak rumit, hanya sayang durasi yang diperlukan untuk mengupload gambar-gambar di Picturesize ini relatif lebih makan waktu dibanding 2 aplikasi berikut ini.




B.I.R.M.E


Kependekan dari Batch Image Resizing Made Easy.  Dengan tertera Batch jelas maksudnya bahwa aplikasi online tak berbayar ini diperuntukkan untuk resizing beberapa foto dalam sekali waktu.




Tersedia navigasi picture resizing yang friendly user  dan diatur sesuai dengan kebutuhan blog kita.



Dari gambar yang di atas ini, cukup klik Save .zip untuk menyelesaikan proses resizing.  Lalu lihat filenya di folder Downloads.  Mudah 'kan?


Bulk Resize Photos

Mirip dengan B.I.R.M.E, aplikasi yang ketiga ini juga diperuntukkan untuk resizing foto dalam jumlah banyak.  And among those 3, for me this is the easiest and the simplest.  Cukup drag and drop ke kolom yang telah disediakan kemudia pilih sesuai ukuran yang diinginkan.  Hit the button and you will get the result in .zip file.  Easy peasy!



 
Tertera informasi kapasitas yang diperkecil berikut waktu yang dipakai


Itu dia, my 3 recommended Free Online Bulk Picture Resize.  Namun jika ditanya pilih yang mana, jawabannya adalah yang terakhir.  Seperti yang disebutkan, selain pengoperasiannya mudah, waktu yang diperlukan untuk resizing juga relatif cepat.
  
Sebagai catatan tambahan, sejauh ini proses resizing dari ketiga aplikasi di atas tidak mempengaruhi kualitas gambar.  Sejauh hanya peruntukannya sebagai ilustrasi personal blog post it's still ok.

Bagaimana dengan Anda, punya bulk picture resize andalan selain yang sudah dibahas di sini?


**
Note: Image title courtesy of Pexels.com with style modification with Canva.com


You May Also Like

23 comments

  1. Yg rekomen utk resize dr hape doong ;)

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat nih tipsnya. Jadi kapasitas drive blog gak cepet penuh. Salab satunya foto yang bikin penuh apalagi motonya pake camera profesional. Pasti ber-mb-mb ha ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Dede. Padahal utk ilustrasi cukup ratusan KB aja ternyata hehehe

      Delete
  3. kalo aku biasa pake photoscape..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum pernah coba pake itu. Nuhun info na

      Delete
  4. Problem aku juga ituuu mba. Kadang2 yg buat postingan (yg sbnrnya udh selesai) nongkrong lama di draft adalah milih foto dan ngedit foto. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan kita *toss*
      Suka baper sama foto sendiri hihi

      Delete
  5. Wuihhh thanks sharingnya mbak.
    Saya biasanya langsung resize dari blognya. Di Wordpress bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, praktis banget kalo bisa langsung diresize dari WP. Pake plugin apa?

      Delete
  6. Samaa.. hehe..infonya sangat berguna mbak. Trims yaa ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, thanks juga sudah menjejak di sini ^_^

      Delete
  7. Allhamdulillah nambah ilmu lagi, masuk lagi nih ke rekomendasian buat resize foto. Biar ga kena semprit pas cek page speed insight :)

    Terima kasih sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat untuk aktifitas bloggingnya.

      Delete
  8. Aku pake app addwatermark. Pas ngasih watermark, hasil save as nya sekaligus lebih kecil dr aslinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, berarti ada banyak aplikasi ya? Thank you udah nambahin listnya Arin.

      Delete
  9. sama. Tapi, saya biasanya pakai ivertech, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ivertech malah belum tahu, Chie

      Delete
  10. Diingat-ingat. Barangkali perlu.

    ReplyDelete
  11. OMG, lgs bookmark ^o^.. saking gapteknya, selama ini kalo resize foto ya atu-atu gitu ;p.. jgn tanya makan waktu berapa lama ;p .. untung aku baca postiinganmu ini mbak ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya juga aku manual satu-satu gitu, kok. Pegel ati eh, lama ajah hihihi. Sekarang bisa langsung segembolan ya, asal kenceng kuotanya ^_^

      Delete
  12. asyik banget nih daripada menual di laptop pake mic image rempong...makasih yo mba

    salam
    Syanu

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !