#2017BestNine Instagram

by - December 26, 2017



Di kalangan para IGers alias pemilik Instagram, trending akhir tahun adalah Best Nine.  Untuk tahun ini #2017BestNine.  Yaiyalah, masa juga 2020, beluman lagi!

Bagaimana cara mendapatkan sembilan gambar terbaik selama 365 hari kemarin, apakah harus kita hitung sendiri secara manual?  Hellow, rasanya hari gene mesin hitung kalkulator aja udah jarang dipake ya?

Simply input akun IG kita ke https://2017bestnine.com lalu klik bagian GET and you just .... wait 😁.  Sabar ya, jwenk, secara pemilik Instagram ngga cuma kita seorang.  April tahun 2017 yang lalu saja, Instagram mengumumkan jika pengguna aktif jasanya sudah mencapai 700 juta! Jadi wajar ika perlu beberapa saat untuk mendapatkan 9 gambar kita yang paling banyak di-like selama 2017.  Lha wong akeh men, kok 😂

https://2017bestnine.com/

Kalau tahun lalu saya cuma iseng cari tahu #2106BestNine, tidak demikian halnya dengan #2017BestNine.   Ada unsur kesengajaan dengan dengan alasan perbandingan.

Betul, saya ingin membandingkan impresi untuk akun Instagram.  Hasilnya?

2017 Best Nine saya lebih tinggi dibandingkan 2016.  Apa karena lebih sering di Instagram, lalu blogging saya jadi ancur ya?  Sampai-sampai buat resolusi blogging untuk tahun depan 😂


@ratna17amalia


VerSus





Diperhatikan dari postingan, in general tema masih berkisar pada makanan dan keseharian.  Yang terlihat mencolok adalah  jumlah foto yang diposting dan jumlah like.

Pentingkah itu?

Tergantung.

Jika ingin membangun branding dengan menggunakan media Instagram, atau pengembangan usaha semacam online shop, I am pretty sure you will put high concern on those figures!  Termasuk perbandingan jumlah followers.

Untuk saya sendiri, objektifnya belum sampai kesitu.  Baru sebatas, ooh ternyata saya memang lebih aktif di IG.  Perihal jumlah like yang meningkat hampir tiga kali lipat dibanding 2016, menurut analisa abal-abal saya hal tersebut disebabkan oleh:

1. Penggunaan hashtag # 

Awal ber-Instagram, saya abai dengan #.  Kemudian nggak sengaja baca artikel tentang kegunaan memakai hashtag.  Ngga pengen cuma baca aja, saya coba praktekin.

Dalam rangka kegiatan komunitas (baca nomor 2), sudah pasti harus nurut pakai hashtag sesuai ketentuan.  Oiya, sebelum lanjut, fungsi hashtag (#) adalah untuk memudahkan pencarian sesuai keperluan.  Hashtag dapat berupa hobi, interest, topik pembicaraan dsb.  Mirip-mirip kategori dalam bloglah.  Di samping Instagram, Twitter adalah aplikasi sosmed yang juga sering memakai hashtag.

Keuntungan hashtag yang lain adalah kita bisa terhubung dengan bukan follower atau yang follow kita selama kita memakai hasthtag yang sama.

Untuk mudahnya, cari hashtag yang sudah populer digunakan.  Readers dapat searching di aplikasi Instagram sendiri atau browsing di internet jika ingin lebih menambah hashtag.  Jadi betul tuh artikel yang saya baca.  Hashtag memang diciptakan untuk memudahkan pencarian orang-orang yang punya kepentingan atau interest yang sama .

Buktinya ada beberapa image saya yang di-like oleh pemilik akun bukan Indonesia, padahal saya menulis kepsyen dengan menggunakan Bahasa Indonesia.  So the person simply like the image regardless the description.

Seiring dengan makin sering upload foto di Instagram, saya juga bikin hashtag sendiri.  Hihihi, gaya bingits?  Saya beri judul #ratnaphotoworks.   Sesekali dicoba, ya!  Promosi 😁


2. Berpartisipasi dalam Instagram Community Engagement 

Secara spesifik bentuknya adalah upload foto sesuai tema yang disyaratkan oleh komunitas.  Beberapa komunitas foto di Instagram yang saya ikuti adalah Upload Kompakan, Motret For Fun, Motret Bareng.


Segitu aja sharing #2017BestNine dari saya.

Oiya, sudah keluar hasil 2017BestNine kepunyaan Readers?  Mau tahu juga donk!

BTW udah udah follow akun IG saya? 😘😘

You May Also Like

28 comments

  1. Wah keren, sepertinya sering update tentang makanan ya, Teh..hehe
    Instagram memang cocok jika padukan dengan blog ya,..

    Btw, salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama bisa pasang konten visual, makanya blog bisa serasi dengan IG.
      Salken juga, Kang Andi.

      Delete
  2. Aku juga sih mba, walau ga ngerti bahasa rusia, tapi fotonya bagus atau mempunyai makna, aku langsung like hehehe.. aku belom ngecek best nine tahun ini nih *brb*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook cek. Ditunggu #2017BestNine-nyaaa

      Delete
  3. Rapi banget instagram nya mba.. kece banget ^_^ punya ku berantakan. Btw, aku follow ya mba instagram nya dan salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Terima kasih udah mau follow. Kita saling follow yuk ^_^

      Delete
  4. Aku udaaaaah ngecek punya aku. Dan ngerasa gue banget. Gak sempat analisis pencapaian base on like dan penambahan followers sih, baru lihat base on activity apa yg dikerjakan yg tercatat lewat foto di Ig. So far... Alhamdulillah.
    Btw foto2 loe di Ig memang keren! Salut dengan niatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara elo doyan jalan dan notabene sosmed enthusiast, no wonder kalau engagement elo lebih tinggi ^_^
      Kita saling envy-lah hihi.

      Delete
  5. aku juga punya hashtag sendiri mbak #weekendenthusiast hihihi follow ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya kita udah saling follow IG? :)
      Nanti kulihat hashtagmu, Pen.

      Delete
  6. wah aku juga kemarin iseng baru cek di #2017BestNine nih mba, lumayan jadi tau mana aja foto-fotoky yang paling populer selama 2017 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang maksudnya itu; cari tahu 9 foto kita yang paling heits. ^_^
      Teknologinya pinter, dibantu hitung berdasarkan jumlah like.

      Delete
  7. mbak Ratna .. bagus2 ya fotonya, udah aku follow dari kapan hari mbak (@monda6),
    aku agak kurang aktif mbak, biasanya ngis IG pas sekalian update blog aja ..
    foto2ku masih apa adanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah follow, nanti aku folbek juga.

      Delete
  8. Mba, bestninenya cakeep :D aku udah lihat bestnine aku mau update belum kesampean hihi... bbrp tahun gunain bestnine tapi belum pernah bosen

    ReplyDelete
  9. Jadi terinspirasi bikin 2017 best nine juga mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Saling menginspirasi yang baik-baik aja kuy! :)

      Delete
  10. Penggunaan hashtag juga berpengaruh terhadap peningkatan jumlah followers dan menyelipkan hashtag pribadi dari 30 hashtag yg diperbolehkan dalam satu post IG juga penting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tahu kalo max hashtag dalam 1 postingan adalah 30. Makasih infonya Mas Darius ^_^

      Delete
  11. Aku lo fans berat foto2mu mbak. Ayo dong bikin tutorial yg detil2 di blog. Projectnya yg mudah2 aja biar aku bisa ngikuti dari jauh hihihihi. Maunya yaaa tapi siapa tau terkabul. Aamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduuh, aku jadi geer #peganghidung.
      Apakah yang dimaksud 'tutorial' adalah behind the scene? Kalo itu maksudnya, Insya Allah nanti dibuat blog post kheses untuk jij :)

      Delete
  12. Pokokna keren foto fotonya...cakeppp

    ReplyDelete
  13. Sy lebih aktif di instagram jd mulai merhatiin foto yg dipost dsb...pengen ngebangun branding yg berhubungan dgn blog ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti sharing yah kalo udah paham caranya membangun branding dg IG dan blog ^_^

      Delete
  14. terima kasih ilmunya, i kayaknya harus rajin juga di instagram hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas Chandra. Ilmu saya masih cetek juga kook ^_^

      Delete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !