Bogor Banana; Oleh-oleh Unik Khas Bogor

by - December 24, 2017

"Ukuran pisangnya presisi banget, ya?  Warna kuningnya sama semua.  Hebat banget bagian Quality-nya, bisa seragam begini."  Dalam hati, tumben banget Pak Suami kasih komentar panjang begitu.  Wong masakan buatan istri seringnya hanya dikomentari sebatas lumayan (a.k.a. mendekati "enak").

"Itu bukan pisang, tapi kue bika" jawabku menjelaskan.


wisata kuliner Bogor; oleh-oleh khas Bogor



"Masak, sih?" tanya Pak Suami masih tak percaya.

Kusendokkan sepotong besar untuknya cicipi.  Dikunyahnya perlahan, matanya menerawang seolah mencari penegasan; apakah benar pisang atau kue yang ada dalam mulutnya.

"Well?" tanyaku.

"Enak" jawabnya.  Lho? 

Jawaban diluar ekspetasi karena yang saya tunggu apakah menurutnya itu kue atau buah 😁.  Namun harus diakui kebenarannya.  Karena dari semula kotak Bogor Banana by Bika Bogor Talubi itu dibuka, aroma wangi pisang menguar seantero ruang makan yang memang tidak besar.

Tidak hanya menarik perhatian Pak Suami, kue yang bentuknya unik seperti buah pisang yang dibelah dua itu diberi topping parutan keju dan hiasan lelehan coklat membuat penampilan Bogor Banana memang sooo tempting!

Maka jadilah sore akhir pekan yang mendung itu, kami ngeriung di meja makan sambil menikmati Bogor Banana.  Ditemani minuman hangat kesukaan masing-masing, tak terasa satu kotak berisi enam potong Bogor Banana kami habiskan berempat.


oleh-oleh khas Bogor


Jadi, apa itu sebenarnya Bogor Banana?

Bogor Banana adalah kue bika berbahan pisang asli hasil inovasi terbaru Bika Bogor Talubi.  

Iya, kue bika.  

Hasil alam Kota Hujan Bogor yang sarat hasil perkebunan seperti talas, ubi, pisang lah yang  membuat pemilik Bika Bogor Talubi tak henti berkreasi dengan bahan-bahan yang sudah disediakan oleh tanah subur yang letaknya di kaki Gunung Salak. 

Pemilihan nama Talubi pun tidak lepas dari hal tersebut.  Alih-alih membuat kue bika yang umumnya full tepung [terigu], Talibu mengoptimalkan talas dan ubi sebagai bahan dasar produknya.  Tak salah jika Talas Ubi [Talubi] diusung sebagai brand oleh sang pemilik yang memulai usahanya tahun 2014.


oleh-oleh khas Bogor
Bika Bogor Nangka


Jadi di situlah keunikan Bika Bogor Talubi dibandingkan dengan kue bika yang dikenal pada umumnya.  Karena Bogor memang sudah semenjak lama dikenal sebagai gudangnya talas.  Tak salah jika Kue Bika Talubi ini disebut-sebut sebagai oleh-oleh khas Bogor.

Keuntungan menggunakan umbi-umbian selain aromanya yang khas, kadar manis umbi juga tidak semanis gula putih yang biasa dipakai dalam pembuatan kue.  Mungkin faktor tersebut membuat Bika Bogor Talubi tidak enek saat dikonsumsi.  

Seperti yang aku tuliskan di sini, salah satu resolusi 2018 adalah menjaga kesehatan.  Selain mengurangi konsumsi gula, banyak hal yang kini makin diperhatikan dalam pemilihan makanan; termasuk unsur pengawet makanan.  Bika Talubi ini tidak disarankan untuk dikonsumsi setelah lebih dari empat hari.  Artinya makanan bertahan sesuai usia maksimalnya, tidak ada upaya untuk dilebihkan keawetannya.


oleh-oleh khas Bogor; wisata kuliner Bogor
Bogor Banana

Selain Bogor Banana, ada varian lain yang bisa dicoba; yaitu Bika Bogor Talas, Bika Bogor Ubi Madu, Bika Bogor Nangka, Bika Bogor Cocopandan.

Ingin mencoba semua rasa juga bisa, lho.  Namanya Bika Bogor Mini; satu kotak berisi 10 potong kue bika dengan tiga varian rasa.  Semacam assorted bika dalam satu wadah dengan komposisi packing yang nggak bakalan membuat kue berantakan.

Jika Readers berniat membawa Bika Bogor ini sebagai oleh-oleh kuliner khas Bogor, dapat membelinya langsung di tiga outletnya di Jl. Raya Gadog sebelah Vimala Hills, atau di Jl. Pajajaran 20M dan lainnya di Jl. Sholeh Iskandar 18B.

Nggak mau repot antri?

Cuss pesan online via JNE YES/GRAB/GOJEK.


WA : 0888-4829-626 
Line : @bikabogor


oleh-oleh khas Bogor


You May Also Like

29 comments

  1. Saya belum pernah rasa yg bika...enak ya?
    Entar eikeh beli deh.
    Mengoda sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, En. Rekomended kalo menurut aku mah.

      Delete
  2. Jd kangen makan kue bika nih mak ratna, enak bgt emangπŸ˜‹

    Smoga resolusinya tercapai ya mak 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Desi. Semoga cita-citamu tercapai.

      Delete
  3. Aku dan anak-anak udah nyobain bika banana ini, rasanya unik dominan pisangnya ya, cocok buat oleh-oleh nih, kemasannya baguuss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuk dan rasanya memang unik. Baru lihat kue macam gini hihi

      Delete
  4. Unik memang bentuknya benar-benar pisang. Penasaran sama rasanya.

    ReplyDelete
  5. Bogor banana, aku belum nyoba mbak, penasaran kaya apa, baru nyoba bika talubinya aja

    ReplyDelete
  6. cemilan yg enak nih.. kemarin ke bogor aku gak sempet cobain.

    ReplyDelete
  7. Aku prnh coba yang pisang di foto pertama. Enak ya, aku makan dua box ngak mau berhenti hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 box? Waaawww.
      Doyan apa doyan tuh, mbaaaa ^_^

      Delete
  8. ooo bogor banana itu bika bentuk pisang. aih unik n pasti enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuknya emang unik. Untuk rasa sebagaimana bika pada umumnya tapi rasa pisang.

      Delete
  9. Belum coba yang Bika, jadi pengen juga banana cakenya. :) lezatt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikanya emang recommended! Aku mah suka.

      Delete
  10. Terima kasih rekomendasinya! Biasanya kalau ke Bogor cuma kulineran yang itu-itu aja, sekarang jadi punya pilihan lain biar enggak bosen. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga manfaat dan jadi nambah info kalo Bogor memang jadi salah satu destinasi wisata kuliner yang patut dipertimbangkan. Welcome to Bogor, mba.

      Delete
  11. Penasaran sama Bikanya tuuh! Seneng ya, Kota kita tambah lg koleksi oleh2nya. Kalau mau bebawaan buat saudara di kota lain, nggak repot mikir πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, wawasan kulinerku juga bertambah. Akibat lainnya, makin malas bebikinan kue sendiri hihihi

      Delete
  12. Enakk mbaa, anak anak juga doyan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anakku juga suka, padahal mereka kurang suka kue-kue manis lho.

      Delete
  13. Kemarin baru balik dari Bogor, etapiii nggak tau kalau ada oleh - oleh baru ini. Balik - balik borong sangkuriang ajaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang jadi tahu kan kalo ada alternatif lain. Sama-sama dari talas ^_^

      Delete
  14. Bikanya enaak tuh, pisangnya belum pernah icip

    ReplyDelete
  15. bika pisang? waaah enak tuh....jadi pengen nyicip.

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !