Ini Dia; 3 Blog Lokal Dengan Niche Home Decoration

by - September 25, 2017

Selain topik tentang travel; food, fashion dan beauty nampaknya merajai jenis niche blog lokal belakangan ini. Kombinasi topik yang saya sebuatkan itu lazim juga disebut sebagai life sytle blog. Coba  ketik "lifestyle blogger Indonesia" maka dalam waktu kurang dari 1 menit kita akan dihadapkan pada berjuta hasil mesin pencarian.

Beda cerita waktu saya ketik "home decor blogger Indonesia".  Banyak juga sih yang dihasilkan tapi lebih pada laman yang mengarah ke Pinterest atau website milik majalah interior, which is not what I am intent to see.

Maka dari itu, menurut saya, catet, menurut saya lho yaaa, agak sulit menemukan blog lokal dengan kriteria home decoration yang dimiliki oleh blogger Indonesia.  Padahal yang nulis juga blognya gado-gado.  Minta ditoyor ini mah! 😜




Bandingkan dengan manca negara, tak terbilang blogger yang membahas tentang home decoration. Either blognya sudah spesifik hanya membahas tentang home decoration beserta segala turunannya. Atau blognya merupakan life style blog dengan home decoration sebagai salah satu kategorinya.

Lalu apakah tidak ada blog lokal dengan niche home decoration?

Setelah berkutat dengan mesin pencari berbekal keyword akhirnya Google search engine mengarahkan saya pada blog berikut ini.


LivingLoving[dot]net


Berawal dari terbatasnya referensi blog lokal yang sesuai dengan kebutuhan dan minat seputar dekorasi rumah dan inspirasi kreatif, maka kami, Miranti dan Nike, membuat Living Loving yang diluncurkan bulan Februari 2013. (dikutip dari page About www.livingloving.net)

Naaah, bener kan?  

Ternyata pendapat saya juga diamini oleh founder www[dot]livingloving[dot]net bahwasanya referensi blog lokal seputaran dekorasi rumah dan inspirasi kreatif masih terbatas. Padahal menurut SWOT Ilmu Manajemen, keterbatasan bisa kita switch menjadi peluang.

Hal itu pula yang membuat foundernya; Miranti dan Nike, merintis usaha kreatif secara online dan mengoptimalkan blog sebagai media.  

Dan ternyata aktivitas yang dirintis semenjak tahun 2013, seiring waktu makin banyak diapresiasi banyak orang.  Terlebih saat ini di mana kreasi grafis makin mendapatkan ruang yang luas dalam masyarakat.

Adanya topik yang "lari" dari niche, ditanggulangi cantik oleh duo ibu muda ini dengan menyediakan kategori sesuai topik postingan.  Buat saya yang penyuka minimalis,  blog living loving ini sukses memanjakan mata dan mengayakan ide.  It never fails me!



Cemprut[dot]cc


Bagi penggiat crafter khususnya boneka, bisa dipastikan gak bakalan asing sama nama ini. Dari awal masa saya mulai nge-blog dan suka browsing tentang hal-hal yang berbau crafty, laman mbak Cemprut udah sering nongol.

Dan udah bawaan orok para crafter kali ya, urusan kreatifitas ini pasti akan tercermin juga from the way they arrange the house.  Walaupun ngga mengkhususkan blonya  pada urusan home decoration, namun kita bisa dapatkan inspirasi dari cara Mbak Aphrodita Wibowo si pemilik nama asli Jeng Cemprut mengatur rumahnya pada label HOME di blognya.  

Karena home decoration memeang bukan spesialisasinya Cemprut[dot]com, namun foto-foto yang dicapturenya tidak jarang membuat decak kagum.  Ternyata hasil kreatifitas kriya lokal juga keren-keren lho!  

Contohnya di blog post setelah Mba Dita berkunjung ke rumah Ria Papermoon.  Foto-foto yang dicapture di studio Papermoon menangkap ide yang dituangkan dalam home decoration dengan konsep vintage.  Keren pisan! 😊

Sok aja ditengok.  



MaghoLiving[dot]com


Jika dua sebelumnya saya sudah familiar, lain halnya yang satu ini, I am completely stranger hehehe.

Anyway.

Pada keterangan About Us, jelas-jelas blog ini memproklamirkan diri sebagai interior design blog + home decor store.  They are not only sharing their knowledge in home decoration and such but also selling the items.  

Lainnya lagi, blog yang (lagi-lagi!) minimalis monochrome ini menuliskan postingannya all in English.  Siapin kamus 😁

Untuk kemudahan browsing, pembagian kategorinya simpel aja; Home+Decor dan Living.  Pada Home+Decor topiknya dibreakdown lebih spesifik lagi; apakah kita sedang mencari inspirasi untuk indoor atau outdoor.

Sedangkan kategori Living memuat postingan di luar Home+Decor.  Saya bahkan nemu resep vegetable fritters alias bala-bala di sini!

+++

Selain tiga blog di atas, ada juga sih laman seperti Home Decor Indonesia[dot]co[dot]id.  Namun itu majalah, bukan blog perseorangan seperti yang saya cari sebagaimana yang saya tulis di awal.  Maka dari itu tidak saya masukkan dalam list ini. 

Mini survey yang saya lakukan memang masih jauh dari akurat.  Saya yakin there is more outdoor yang luput dari radar pantauan.  Should you happens to know ada yang lain dan belum kesebut dalam list ini, boleh tuh colek saya, supaya bisa diupdate dan menambah daftar blog lokal Indonesia dengan niche home decoration.

Berangkat dari hasil browsing yang minim itu pula saya sampai punya kesimpulan bahwa belum banyak blogger yang "main-main" di niche home decoration.  Atau, belum banyak pelaku interior yang mau nge-blog, hehehe.  Karena energinya sudah kadung tersedot habis untuk memikirkan ide-ide kreatif estetika ruang.

Untuk menunjang keperluan penulisan ini, saya sampai cari tahu bisnis trend 2018.  Ada dua sektor yang berkaitan dengan home decoration dan rangkaiannya; yaitu sektor properti dan furnitur. Menurut Kompas[dot]com, pertumbuhan properti di tahun 2016 sekitar 5% - 6%.  

Kalau properti masih memberikan peluang, artinya furnitur juga demikian.  Why? Lah gak mungkin orang hanya akan membeli rumah/apartemen doang.  Perlahan mereka akan mengisinya dengan segala furnitur. Ya 'kan?

Memang sih, jika kita baca berita, belakang ini bisnis melesu, walau belum sampai terjun bebas. Artinya masih adalah harapan.

Seandainya pun properti lesu, janga lupa sama geliat aroma kopi yang makin semerbak di tanah air. Jika diperhatikan, nampaknya orang pada berlomba membuka kedai kopi.  Mulai dari yang tempatnya seumprit sampai warung kopi yang ngeliat dari luar aja udah bikin minder ngebayangin harga secangkir kopi hehehe.

Hubungannya kopi dengan home decoration?  Kedai kopi dengan konsep kekinian pastinya membutuhkan seorang tenaga ahli untuk merancang dekorasinya, right?   Sampai saat ini sih, saya belum pernah tuh menemukan desain interior yang sama dari semua coffee shop yang saya datangi.  

Belakangan malah saya perhatikan, makin kecil lahannya, makin kreatif ide-ide dekorasi yang ditampilkan oleh pemilik kedai kopi.

Apalagi Desain Interior termasuk dalam sub-sektor yang dikawal oleh pihak Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia).  Pemerintah juga menyadari bahwa dalam kurun dua dasawarsa terakhir, apresiasi masyarakat akan estetika ruang makin membaik.  Artinya, secara ekonomi, bidang ini punya potensi yang menjanjikan dan sudah masuk dalam radar pantau Pemerintah.  Keren kan?

Balik lagi ke blog.  Beneran deh, udah lewat tuh, periode di mana blog cuma untuk lahan curhat.   Apalagi untu menyebar hoax!

Mendingan kita gunakan teknologi untuk hal yang baik-baik saja.  Terlebih jika Anda punya potensi yang bisa dikembangkan.  Kolaborasi kreatif antara ide ditunjang teknologi akan membawa kita pada life adventure yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

So, minat bikin blog dengan niche home decoration atau sejenisnya?  Just do it!  Without knowing, you already have your own viewer out there.

***

Sources:
www[dot]bekraf[dot]go[dot]id
www[dot]blogduitpintar[dot]com
www[dot]grovindo[dot]com
www[dot]kompas[dot]com
Cemprut[dot]cc
MaghoLiving[dot]com
LivingLoving[dot]net


You May Also Like

19 comments

  1. Saya taunya yang Cemprut. Suka dnegan karyanya :)

    ReplyDelete
  2. Waaah keren ya. Aku males banget ngedekor rumah tapi suka piknik mata ke blog2 home decor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan mba Lusi, aku juga seneng banget "piknik" ke blog home decor ^_^

      Delete
  3. Waaa Cemprut mah udah lama saya follow, sejak tahun... 2011. Living Loving juga, sejak tahun 2013. Kalo Magho malah baru tau. Saya gak suka home decor, tapi lihat foto2nya mah suka. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmu dekor saya juga mentok kok. Sama seneng lihat foto-fotonya sambil menghayal hehe

      Delete
  4. Thank you mbaak rekomendasinya :) lagi suka liat liat home dekor nih buat isi rumah hehe

    ReplyDelete
  5. saya ada subkategori home decor, tapi postingannya masih gak jelas, hehe...#malu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah pake malu atuh. Banyakin postingannya aja ya, mba. Semangat selalu dan ditunggu kreasinya.

      Delete
  6. blog yang secara serius membahas tema ini di indonesia memang masih jarang kita temukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Mungkin sama seperti saya, hanya penikmat saja. Bukan pelaku.

      Delete
  7. Baru tau livingloving aja mba..jadi penasaran..aq mampirin semua nanti ah, tfs :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Livingloving termasuk baru dibanding yang dua lainnya.

      Delete
  8. Wahh aku ngga tahu semua, keren yaa bisa menangkap peluang teh..meluncur aaahh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Dew, mereka niche banget dan konsisten di situ. Gak heran kalo "kelihatan" ^_^

      Delete
  9. Ada lagi nih mbak blog/web lokal tentang homedecor namanya Oh Happy Home (www.ohhappyhome.net). Ini juga cantik-cantik foto hasil dekorasinya :)

    Jadi pingin nih punya blog yang niche di home decor, tapi sayang ngga punya ilmunya hehe

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !