7 Serial Layak Tonton Bagi Pehobi Masak dan Pencinta Drama Korea

by - April 12, 2020


Blog post ini ditulis di masa #socialdistance #covid19
---

drama-korea-tentang-chef-masak


Salah satu kegiatan mengisi waktu selama #selfquarantine akibat pandemik #corona selain memasak adalah nonton.  Tontonan yang simpel gak pake mikir apalagi jika bukan drama Korea, setuju?  Sebetulnya memasak bukan hobi melainkan lebih pada kewajiban sebagai ibu *kencengin iket kepala*.   Di tengah kondisi kesehatan yang memprihatinkan ini, lebih bijak rasanya jika memperbanyak masakan home made dibandingkan beli jadi dari luar.  Selain pemilihan bahan yang selektif, faktor higienisnya juga lebih terpercaya.  Bukan begitu bu-ibuk? 😉

Jadi buat Mentemen punya hobi memasak dan pencinta drakor; ngga ada salahnya nonton drama Korea tentang chef berikut ini.  Selain untuk hiburan pelepas penat setelah memasak untuk anggota keluarga, siapa tahu jadi ladang ide menyajikan masakan kuliner Korea di rumah, yes?

1. Coffee Prince

Kita mulai dengan serial jadul yang dirilis tahun 2007.  Konon drama ini merupakan starting point Gong Yoo masuk dalam jajaran "oppa" dengan bayaran tertinggi.  Dikisahkan sebagai anak tunggal dari keluarga yang manja (klise banget sih 😁) hingga akhirnya berubah sikap setelah berkawan akrab dengan salah satu karyawannya yang cantik namun tomboy dan bercita-cita menjadi barista profesional dibawakan pas oleh Yoon Eun-hye. 

Coffee Prince - AsianWiki
https://asianwiki.com/images/f/f8/Coffeeprince.jpg
Di luar plot ceritanya yang standar plus happy ending, drama Korea ini menunjukkan proses kreatifitas berikut tantangan dalam membangun usaha warung kopi yang belakangan banyak bermunculan.

Bukan drama Korea namanya jika tak ada romansa.  Selain memotret dinamika usaha warung kopi yang sepenuhnya dikelola oleh anak muda, Coffee Prince juga dibumbui cerita cinta tokoh-tokoh sentralnya yang menurut saya cukup seru.  Dimulai dari prasangka akan percintaan sesama jenis, cinta plationis hingga friend zone!  Selain suka melihat penampilan Eun-hye yang masih polos dan menurut saya bermain tanpa beban,  saya juga senang lihat karakter second lead Lee Sun-kyun yang dewasa.

2. Pasta

https://images.app.goo.gl/EkCYGrSRMFz7cW7z5
Ini drama Korea kedua dari Lee Sun-kyun yang pernah saya tonton dan berhubungan dengan dunia kuliner.  Alih-alih second lead sebagaimana serial Coffee Prince, di sini Sunk-kyun yang dijuluki The Swee Voice "oppa" menjadi lead actor sebagai Sous Chef yang galak banget sama anak dapurnya.   Otomatis sang boss killer tidak disenangi oleh anak buahnya padahal ada seorang asisten dapur [Gong Hyo-jin] yang bercita-cita menjadi koki pasta profesional dan ingin belajar pada si boss yang notabene chef profesional lulusan Italia.

Serial bergenre romcom [romantic comedy] Pasta tidak melulu menyuguhkan romansa sesama chef di belakang dapur restoran Italia berlokasi di tengah sibuknya Kota Seoul, namun sarat tips memasak khususnya mengolah pasta.  Jika MenTemen penyuka pasta, di sini bisa dapatkan aneka tips seperti bagaimana merebus pasta hingga mendapatkan pasta dengan kriteria al dente, membuat Aglio Olio yang lezatos hingga penyajian seafood pasta.

Salut dengan penulis cerita yang nampaknya melakukan banyak riset tentang pasta!

3. Temperature of Love

Pengen lihat koki berwajah imut mempersiapkan masakan Perancis mengencani seorang penulis naskah drama?  Jawabannya ada di serial ini.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/f/f5/Temperature_of_Love-poster.jpg
Tidak hanya memperlihatkan adegan memasak, cara bagaimana seorang chef mengasah aneka pisaunya saja sesuai ilmu koki pun masuk adegan dalam drama.

Buat saya yang tidak betah nonton serial dengan episode dalam jumlah banyak, terus-terang nyerah juga lihat drama sebanyak 40 episode.   Alhasil saya butuh waktu lama menuntaskannya walaupun durasi setiap episode hanya 30 menit!

4. Oh My Ghostess

Walaupun mengandung kata "hantu",  drama Korea ini malah banyak menampilkan adegan yang menceritakan kesibukan di dapur dan proses memasak.

Mengusung genre romcom, Oh My Ghostess bersetting di sebuah restoran Italia mengisahkan tentang asisten chef bernama Na Bong Sun (Park Bo Young) yang jatuh cinta pada atasannya seorang chef tampan Kang Sun Woo (Jo Jung Suk) namun arogan.

Oh My Ghostess" Posters Are Out | Korean drama, Popular korean ...
https://id.pinterest.com/pin/338473728222035569/

Kemampuan unik Bong Sun yang mampu melihat hantu dan dirasuki oleh arwah yang ingin kembali ke alam keabadian menjadi sumber kekocakan karakter Bong Sun yang jatuh cinta pada atasannya, sang koki sekaligus pemilik restoran.

Oh My Ghostess tambah kocak lagi dengah kehadiran pemain Kang Ki-youn yang wajahnya saja sudah kocak.  Dia dikenal sebagai aktor pendukung di banyak drama Korea populer, sebut saja My Secret Terius bareng Su Ji-sub yang belum lama melepas masa lajangnya.

Jika tujuannya menonton ini untuk mendapatkan scene memasak secara detil, kalau menurut penilaian saya porsi adegan tersebut memang tidak sebanyak Temperature of Love atau Pasta.

It's more to see how hot male being busy in the kitchen, hahaha!
             

5. Chocolate

Jika ternyata selama ini saya beranggapan coklat adalah salah satu jenis makanan yang menimbulkan rasa bahagia karena kandungan theobromine-nya, lain halnya bagi karakter Lee-Kang (Yoon Kye-sang) seorang neurologist berpenampilan "dingin".

Coklat juga kenangan yang traumatis untuk seorang koki baik hati bernama Cha-Young (Ha Ji-won).

Dua manusia dengan luka jiwanya itu harus berdamai dahulu dengan masa lalunya masing-masing sebelum akhirnya memutuskan untuk bersama.

Chocolate Drama Korea (2019) : Sinopsis dan Review | Diani Opiari
https://images.app.goo.gl/wRZRnJj7JZPEin4X9

Apa yang menarik dari drama Korea Chocolate?

Ha Ji-won tidak hanya harus menjadi karakter yang sendu namun ditantang untuk dapat memasak sebagaimana aslinya seorang kaki.  Chocolate banyak menampilkan scene mengolah masakan beragam masakan.  Tidak hanya kuliner asli Korea tapi juga masakan internasional.  Banyak adegan memasak ditampilkan close-up dan step-by-step; detil banget.  Contoh saat Ha Ji-won dikisahkan mengikuti lomba memasak.  Semuanya diperlihatkan selayaknya melihat tontonan Master Chef!

Saking penasarannya; saya sampai nonton klip BST (Behind The Scene)-nya di Youtube.  Ternyata sang aktris memang mempelajari dahulu langkah-langkah menyiapkan masakan dari seorang koki sebelum take scene.  Very impressive!

Drama Korea yang tayang di jaringan Netflix ini termasuk yang menemani saya melewati pergantian tahun 2019 yang lalu di rumah saja 😉


Dua serial berikut bukan drama Korea melainkan serial cooking show.  Saya menonton keduanya di channel TVN and I loved it very much!  Di dua reality show ini kita dapat menyaksikan bahwa aktor dan aktris Korea itu ternyata tidak hanya memiliki wajah yang enak dilihat, pandai berakting tapi juga memiliki kemampuan memasak yang mumpuni.

Reality show ini juga memberikan perspektif lain bahwa mereka juga sama seperti kita; senang makan dan bisa memasak hanya saja berprofesi sebagai pelakon film.

6. Youn's Kitchen Season 2, Spain Series

Saat melihat Park Seo Joon berperan sebagai pemilik restoran di serial Itaweon Class, ingatan saya terlempar pada cooking show Youn Kitchen Season 2.

Acara ini menampilkan Park Seo Joon, Lee Seo Jin, Jung Yu Mi dan Yoon Yeo Jung untuk mengurus dan menjalankan restoran Korea di Garachico.  Sebuah kawasan wisata bertempat di desa kecil tepi pantai di Spanyol.

https://en.wikipedia.org/wiki/File:Youn%27s_Kitchen_Season_2.jpg
Bedanya; dalam drama Itaewon Class, Seo Joon hanya berakting saja sebagai pengelola restoran; di Youn's Kitchen, Seo Joon benar-benar melakukannya.  Mulai dari berbelanja bahan masakan, menyiangi, memasak, taking order, serving customer hingga membersihkan restoran.  Bersama 3 rekan lainnya, para pesohor yang dikenal di negara asalnya tersebut sesaat menjadi nobody hingga akhirnya restoran yang menyajikan kuliner asli Korea tersebut diliput oleh stasiun televisi setempat.

Hal menarik lainnya dari reality show ini, proses memasak yang dilakukan sendiri oleh para aktris/aktor diperlihatkan secara seksama.  Pujian atas masakan dari pengunjung restoran yang awam jika pegawai restoran yang melayani mereka adalah para pesohor Negeri Ginsang menjadi daya tarik tambahan serial Youn's Kitchen.

Gara-gara nonton cooking show Youn's Kitchen, saya sampai bela-belain beli kimchi untuk membuat Nasi Goreng Kimchi.  Ternyata gampang sekali!

Jika Youn's Kitchen Season 2 berlokasi shooting di Spanyol, Season pertamanya ternyata bertempat di Gili Trawangan!  Sayangnya hingga kini saya belum berhasil mendapatkan episode lengkap dari Season-1.  Padahal saya penasaran banget.

7. Korean Hostel in Spain

Selain Youn's Kitchen, ada lagi variety cooking show berlatar negara Spanyol yaitu Korean Hostel in Spain.

Jika Youn's Kitchen menantang para pesohor untuk menjalankan usaha restoran, maka reality show ini meminta tiga aktor (Yoo Hae Jin, Cha Seung Won dan Bae Jung Nam) untuk mengelola sebuah hostel yang biasa dikunjungi oleh pejalan kaki rute ziarah Camino De Santiago.

Dengan membayar €10, seorang pengunjung dapat menginap semalam, menggunakan kamar mandi, fasilitas laundry dan mendapatkan 2x jatah makan (sarapan dan makan malam).

3 aktor papan atas Negeri Ginseng tersebut menjadi staf dari penginapan ini. Sebagaimana penginapan yang asli, mereka bertugas membersihkan hostel, menyiapkan kamar hingga membuatkan makanan khas Korea untuk para peziarah yang ingin bermalam di sana.

Polltab - Which is your favourite Korean variety show for the past ...
https://images.app.goo.gl/aUhtaf9RbAujTkZF6Add caption

Adapun pembagian tugasnya; Yoo Hae jin sebagai resepsionis serta mengelola ruangan agar tetap nyaman. Cha Seung-won bertugas sebagai koki utama, memasak makanan untuk para tamu.  Sedangkan Bae Jung Nam yang bertugas sebagai asisten koki.  Setiap orang begitu serius dengan peran masing-masing.

Diperlihatkan pada episode pertama saat pertama tiba di hostel, bagaimana Seung-won memeriksa dapur berikut fasilitas memasak.  Dilanjutkan berdiskusi serius dengan dua orang rekannya dalam menetapkan menu.  Gegara lihat Seung-won mengatur menu dan menunjukkan kepiawaiannya memasak di variety show ini, saya jadi envy sama dia.  Udahlah tamfan, pintar masak pulak!  Gimana rasanya dimasakin sama hot papa macam Seung-won, ya?  #tutupinmuka

Di acara ini kita tidak hanya melihat bagaimana para member dalam mengelola penginapan berikut tingkah menarik dan terkadang lucu dari para member acarannya.

Kelucuan lainnya datang dari reaksi peziarah asal Korea saat mengetahui jika awak hostel ternyata wajah-wajah yang selama ini hanya bisa dilihat di layar kaca/bioskop malah melayani mereka di hostel.  Reaksi terkejut tersebut malah menjadi hiburan tersendiri bagi para Yoo Hae Jin, Cha Seung Won dan Bae Jung Nam.

Selain menunjukkan masing-masing ketrampilan 3 aktor pria dari Tanah Kimchi ini, 11 episode show juga memperlihatkan rutinitas para peziarah menghabiskan waktunya di penginapan selama rehat dari perjalanan panjang 800km rute Camino de Santiago. Peziarah dengan karakter yang berbeda, bukan hanya peziarah dari Korea saja.

Bag peziarah Korea, menemukan penginapan bergaya Korea di Spanyol setelah perjalanan panjang terasa mengejutkan sekaligus menyenangkan.  Sedangkan bagi peziaarah asing yang mengunjungi hostel ini mereka akan mengenal budaya baru, dalam hal ini budaya Korea.

Secara keseluruhan saya menyukai variety ini sebagai tontonan yang relaxing sekaligus informatif.


Nah, dari 7 judul yang saya uraikan di atas, adakah yang sudah ditonton atau malah ada judul lain yang lebih menarik untuk direkomendasikan selama masa #dirumahaja ?

---

Oiya semoga #covid19 segera berlalu, ya.  And stay safe.

You May Also Like

7 comments

  1. Uwaaahhh aku sukaaaa Drakor yg berbau masak2. Aku save mbaaaa. Skr ini aku LG nonton 4 drakor, dan 1 di antaranya berbau masak2. Kamu udh tonton belom, Dae Jang Geum is watching. Ihhh seruuuu. Cara masaknya sumpah bikin ngiler. Aku kalo LG ga napsu makan, nontonin drakor ini lgs kayak lapeeeer hahahahaha. Kalo blm nonton, coba liat deh mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum nonton Dae Jang Geum. Kubrowsing deh. Thank you sarannya mba ^_^

      Delete
  2. yang drama udah nonton semuanya dong :D
    kalo reality show aku kurang paham inpohnya. jadi yg 2 terakhir itu belun liat. mau banget nyari ah yg ada park seo joon-nya.

    btw aku nambahin drama masak2 yg katanya asik: dae jang geum is watching (baru mau nonton kalo sempet). aku sempet nonton let's eat 3 tapi mandeg krna males liat banyak yg ga halalnya n ga suka ama ceritanya. sama skr nyoba ongoing yoobyeolna chef moon belum kelar ep 1 (kapan bisa nonton yeuh di dapur muluu).

    oia reality show yg kuikutin dg setia sampe abis itu coffee friends. gegara lagi demen sama yang se jong. eh disitu malah ketemu sama aktor2 keren laennya. jadi betah deh liat mereka ngelola coffee shop di tengah kebun jeruk. aku sampe bikin remake makanannya juga lhoo di blog dapur ngebut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkat TV cable-lah makanya aku jadi tahu dua cooking show itu. Mulanya juga ngga sengaja, coba nonton 1 episode, eh kok menarik. Dari situ lanjut deh hehehe.

      Let's Eat juga aku ga minat, intronya tak membuatku tertarik untuk meneruskannya haha ^_^

      Delete
  3. Tengkyuuu rekomendasinya. Saya selalu suka drama yang ada masak-masaknya, meski yang cuman seiprit kayak Itaewon Class tapi lumayan bisa tau masak hot pot seafood pakai kari itu not bad hahaha. Saya sempat lihat di Viu kayaknya ada judul chef-chef apa gitu tapi lupa. Tapi kayaknya mau mulai nonton Youn's Kitchen deh :)

    ReplyDelete
  4. sudah bosan banget di rumah, makanya aku mau coba nonton drakor kali2 suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drakor terbukti jadi alternatif tontonan kalo udah mati gaya, sih mba. Selamat menikmati ^_^

      Delete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !