7 Alasan Drama Korea Wajib Ditonton Pencari Inspirasi

by - April 15, 2020

alasan-nonton-drama-korea

Blog post ini ditulis di masa #socialdistance #covid19 #staysafe #dirumahaja
---

Hi again Mentemen!

Saya datang lagi dengan tulisan yang masih bahas drama Korea.  Bukan, ini bukan postingan tentang review ceritanya.  Yakin di luar sana sudah banyak yang membahas tentang resensi drama Korea.  Secara saya juga nontonnya hanya selewatan saja 😎

Walau hanya selewetan, harus mengakui jika booming drama Korea membuat saya jadi familiar dengan hal-hal berbau Korea.  Mulai dari artis-artis "oppa" ganteng semacam Hyun Bin dan "eonni" secantik Sen Yo-Jin yang berhasil membuat baper sedunia lewat serial Crush Landing On You yang usai di awal tahun 2020 ini.

Setelah diamati, drama Korea yang makin hari digandrungi banyak orang seantero dunia ternyata bisa jadi ladang ide juga, lho.

Memangnya ide apa saja yang bisa diambil dari serial drama Korea?

#1. Inspirasi [Unlimited] Cerita

Walau sebutannya drama, tidak semua serial Korea ada percintaannya.  Ada banyak genre yang bisa dipilih; medical drama, romcom atau romantic comedy, history alias sejarah, fantasi, action, family hingga drama tentang masak pun ada!  Oiya, drama tentang kuliner saya tulis terpisah di sini.

Baca juga 7 Serial Layak Tonton Bagi Pehobi Masak dan Pencinta Drama Korea

Plot cerita juga ternyata beragam; mulai dari twisted sampai ending is the beginning.  Maksudnya "ending is the beginning" adalah asal mula cerita itu justru terkuaknya di mulai di episode terakhir.  Seru 'kan?

Baca juga Twisted Story Movie 

Bagi yang berkeinginan atau senang menulis cerita, drama Korea ibarat perpustakaan besar yang tidak ada ujungnya.  Begitu banyak cerita memiliki keunikan masing-masing. 

Agree?

Termasuk saya menuliskan blog post ini, hasil dari menonton beberapa drama Korea 😎


#2. Inspirasi Teknologi 

Kepiawaian Korea meracik teknologi tak perlu dipertanyakan lagi.  Produk-produk made in Korea tidak hanya berjaya di kawasan Asia bahkan sudah mendunia.  Dan dengan apiknya produk-produk tersebut disusupkan dalam drama Korea.

Sebut saja Samsung Z Flips series. Android dapat dilipat dua ini (namanya juga flip hehehe) dan baru dilirilis belum lama ini sudah "berkeliaran" di serial Itaewon Class yang belum lama usai episodenya.  Konon gadget yang memiliki processor 8 GB RAM tersebut dihargai sekitar 20-an juta Rupiah!  😲

Apakah teknologinya hanya sekedar telepon genggam?

Well, yang mengikuti dengan setia drama Korea Crush Landing On You pasti ingat adegan kocak saat salah satu Ibu-ibu Julid tetangga Kapten Ri ketahuan memiliki alat penanak nasi listirk yang secara otomatis akan menginformasikn "nasi sudah masak".  Mengingat mereka tinggal di negara komunis dengan aturan kepemilikan barang pribadi juga diatur Negara, sudah pasti kepemilikan benda-benda semaca itu adalah ilegal!  Apalagi jika dimiliki oleh rakyat biasa.

Aplikasi teknologi Korea semisal robot vacuum cleaner yang berbentuk mirip piring terbang UFO serta sistem penerima panggilan telepon genggam yang terkoneksi ke audio mobil termasuk yang sering diperlihatkan dalam scene drama Korea.

Kira-kira, ada teknologi baru apa lagi ya nanti?


#3. Inspirasi Design Interior

Berniat mendekor ulang ruangan dan mentok ide walaupun sudah melihat majalah desain?  

Ngga ada salahnya sih nonton drama Korea, selain refreshing, siapa tahu berhasil memancing kreativitas karena belakangan style interior Negeri Kimchi kini digemari banyak orang.

Kamar tidur

Selain menyukai jalan ceritanya, serial drama Korea The Time When We're Not In Love juga menarik dalam menyajikan dekorasi tata ruang.  Drama ini banyak mengambil indoor ruangan terutama kamar tidur kedua tokoh sentral.  Di postingan ini saya contohkan 2 desain yang berbeda untuk ruangan yang sama milik sang tokoh Choi Won [Lee Jin-wook].

Gaya maskulin kamar sang jomblo Choi Won

alasan-nonton-drama-korea
Ruangan yang sama dengan interior yang berbeda setelah kedua tokoh sentral Choi Won menikah dengan Oh Ha-na
Disclaimer: I do not own this picture.  This belongs to SBS

Atau tema ruangan yang girly di What's Wrong With Secretary Kim?
alasan-nonton-drama-korea
Ide dekorasi dari drama What's Wrong With Secretary Kim
Disclaimer: I do not own this picture.  This belongs to TVN

Ruang baca

Sebagai penimbun penyuka buku, saya mupeng abis lihat ruang baca di drama Korea Chicago Typewriter.  Sukses bikin iri poll!
alasan-nonton-drama-korea
This picture belongs to serial Chicago Typewriter 
Nah, itu hasil sneak peak dari beberapa drama Korea yang pernah saya tonton.  Tentunya masih banyak jenis dekorasi lainnya, yess?  Bisa cari di Pinterest atau googling menggunakan keyword korean drama room decor atau korean drama room interior decor.



#4. Inspirasi Kuliner

Apa pemicu jalan-jalan?  Selain keinginan mendatangi tempat baru, icip-icip kuliner termasuk alasan saya melakukan traveling.

alasan-nonton-drama-korea


Dan wisata kuliner yang otentik so pasti dari tempatnya langsung donk!  Pengalaman merasakan kuliner Korea sudah saya rekam di sini.  Dibaca yaaaaa! 😄

Baca juga My Korean Food Adventure

#5. Inspirasi Fashion & Make-up

Kalau hal ini rasanya tidak perlu dibahas panjang lebar deh heheh.  Mulai dari make-up a'la artis Korea yang tetap tampil memesona dengan nude style hingga produk perawatan kulit.  Bagi saya yang kurang suka memoles muka, harus diakui Korean make-up style memang jadi referensi.

Ngga semua juga saya tiru.  Hanya beberapa terutama produk skin care-nya.  Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit bersih glowing nan flawless?



Walau demikian tetap harus yang cocok dengan jenis kulit yang kita miliki ya; apakah cocok dengan skin care water base seperti Laneige atau perlu produk perawatan kulit mengandung ginseng macam Sulwhasoo yang harganya bikin syok #kekepindompet.



#6. Inspirasi Fotografi

Sebagai pehobi fotografi, tidak sedikit ide visual dari sejumlah drama yang pernah saya tonton. Ada banyak hal sehingga suatu hasil visual tampil menarik; mulai dari permainan warna, tekstur, pengulangan pola, perspektif dan komposisi.  Atau kombinasi semuanya.

Walaupun "hanya" drama, semua unsur tersebut banyak saya temukan di berbagai scene drama Korea.

Contohnya dalam salah satu scene drama Secret yang menampilkan keindahan musim gugur Negeri Kimchi.  Kepincut pemandangan yang disuguhkan musim gugur dimana dedaunan yang lazimnya kita lihat di sini berwarna hijau berubah jadi berwarna-warni, alhasil jadi punya bucket list untuk mengunjungi Korea di musim gugur untuk memotretnya langsung #Aamiin.
Secret Korean Drama

Secret Korean Drama

Permainan komposisi yang pas pun menghasilkan gambar yang ciamik.  Ambil contoh scene tepi pantai dari drama yang sedang airing When The Weather is Fine.  Angle gambar persis sebagaimana teori fotografi yang saya pelajari.

Centre POI & Negative Space

Aplikasi Rule of 3rd, Negative Space dengan angle Eye Level

Frog Eye Angle, Negative Space & Rule of 3rd

Ternyata tidak hanya bagi pehobi foto saja yang bisa menemukan sumber ide dari tontonan drama Korea.  Buat Mentemen yang hobi dipotret dapat mendapatkan banyak referensi beragam pose; mulai dari gaya romantis hingga kocak semua ada.  Saat difoto berkelompok maupun berdua saja dengan si dia.

Belakangan halaman Pinterest dipenuhi oleh trend baru #Koreanweddingphotography (silahkan browsing).  Saya sih gak bakalan heran kalau new look itu bakalan menggeser konsep pre-wed western style.  Jika diperhatikan seksama, ada persamaan dari foto-foto dengan Korean look; yaitu simpel, sederhana namun memanjakan mata yang melihatnya.  Setuju?

alasan-nonton-drama-korea
All images from Pinterest.  I do not own them

#7. Dating Inspiration

Bingung cari ide kencan dengan pasangan atau bosan karena hanya menghabiskan waktu dari kafe ke kafe berdua si dia?

Setelah disimak seksama, drama Korea ternyata menyajikan beragam aktivitas yang bisa dilakukan berpasangan, lho.  Mulai dari yang perlu biaya besar sampai yang tidak bikin jebol dompet.

Menikmati alam seperti piknik dan tracking termasuk adegan yang sering nongol di drama Korea, yes?  Khusus bagi yang sudah halal menikah, boleh tambahkan camping ke dalam daftar quality time dengan pasangan 😉

Buat yang ingin seru-seruan tapi irit bisa menghabiskan waktu di tempat semacam Time Z*ne;  Kan banyak tuh games yang disediakan, mulai dari war game, adu mobil balap, flying hockey (I love this one), masukkan bola basket kecil ke keranjang sampai doll machine.  Itu lho, ambil boneka dari kotak dengan capit mesin.  Benerannya ngga gampang bu-ibuuk!  Yang barusan disebutin itu adalah contekan dari drama Suspicious Partner dan Cheese in Trap.

Atau pengen coba mancing?  Bolehlah tiru kegiatan ini seperti yang dilakukan pasangan Song-Song yang sempet heits di Descendant of The Sun.  Bersepeda pun bisa jadi alteranatif yang menyenangkan ternyata.  Karena Paksu hobi gowes, sesekali saya pun ikutan menemani ^_^

Scene from Chocolate

Semoga pandemic Covid-19 ini segera berlalu ya.  Jadi bisa dieksekusi ide-ide meningkatkan quality time dengan si dia, ehm.


Nah, itulah 7 inspirasi versi saya dari drama Korea.  Bagaimana menurut Mentemen, ada ide apa yang timbul usai menonton drakor?





You May Also Like

12 comments

  1. interior paling bikin aku mangap adalah... ruang kerja merangkap perpus di chicago typewriter. hwaaa demen banget dahhh

    hebatan mba ratna, sampe dibahas ke angle fotografinya juga. aku baru tahu lho gaya prewed korean look. keren2 ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perpustakaan Chicago Tyepwriter emang gak sopan bikin ngilernyaaaahhhh!!! Kayaknya gw lebih suka lihat perpus-nya dibanding cerita dramanya xixixii

      Delete
  2. Iyaa, nonton Drakor memang banyak inspirasi, selain dapat pelajaran hidup tentang hubungan ortu anak, komunikasi yang baik, aku jadinya bisa dapat ide buat nulis cerita hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Apakah artinya akan ada novel baru selain Anak Kos Dodo yg heits itu?

      Delete
  3. Beauty full blog i can never seen taht tape of blog before Watch drama is another beautfull blog of dramas you can see latest dramas click here

    ReplyDelete
  4. setuju mbak, aku kalo habis nonton drakor suka mikir, kok apik toh ngambil angle nya, trus nemu aja gitu
    kayak duduk di kursi bawah pohon dengan daun berwarna kecoklatan, bisa jadi inspirasi buat foto juga soalnya
    kalau liat desain kamar atau rumahnya yang apik, jadi suka menghayal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riset and observasi para pelaku industri kreatif Korsel kayaknya perlu kita tiru, IMHO. Karyanya semacam orisinil gitu...

      Delete
  5. Tok, tok, tok! mampir aaah...
    Inspirasi drakor yang berkesan buatku yaitu rajin sikat gigi dan kalau terima telepon saat nyetir pasti berhenti dan minggir dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan masuk, Buuuk ^_^
      Betul, contoh kebiasaan baik, terutama terima telepon saat nyetir. Selain minggir dulu, pakai handsfree.

      Delete
  6. Halo mbak, mau balas blogwalking :) Btw aku baru beberapa kali nonton drakor dan memang sih dia secara kualitas bagus. Pantas banyak yang nagih

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !