-webkit-border-radius: 100px; -moz-border-radius: 100px; border-radius: 100px; #linkwithin_logolink_0 {display:none;}

7 Cara Telepon Murah Dari Luar Negeri

Credit from here
Ketika bepergian, seringnya kita terpusat pada biaya perjalanan seperti tiket, akomodasi, ongkos makan, biaya masuk ke tempat hiburan atau pariwisata di lokasi tujuan dan pastinya untuk belanja-belanji alias shopping.  Most of the time, we didn't consider telecommunication as part of the cost padahal sesungguhnya pos biaya yang satu ini ngga bisa dibilang murah juga.  Terutama jika kita bepergian ke luar negeri dan tidak dengan keluarga, pastinya kerinduan mendera

Ngga aktifasi panggilan internasional nggak mungkin juga toh ?  Antisipasi sekiranya ada situasi darurat yang mengharuskan kita untuk melakukan panggilan pada saat kita sedang berada dalam perjalanan.

Aplikasi yang terinstal di smart phone juga memerlukan koneksi telefoni tiada putus seperti BB Messaging service atau WhatsAp.  Belum lagi kebiasaan update status di social media yang nota bene perlu jaringan internet.  Sudah bisa dipastikan semuanya akan kena biaya roaming !

Dari pengalaman bepergian, terutama ke daerah luar yuridiksi si Bendera Merah Putih (cie cie..); akhirnya nemu juga cara menghemat biaya komunikasi ini.

  1. Cek dulu apakah Anda sudah mengaktifasi international roaming.  Aktivitas ini bisa dilakukan melalui hotline dari smart phone Anda, tidak perlu datang ke kantor cabang/gerai si network provider.  Jika belum, minta untuk aktifasi sambil bertanya paket internasional roaming yang disediakan.  Semisal Anda pengguna BB, maka jelaskan bahwa Anda pengguna BB dan akan bepergian sekian hari ke negara X (sebutkan nama negara destinasi).
  2. Tanya juga, rekanan operator di negara tujuan.  Contohnya, untuk Singapura, XL berkolaborasi dengan M1 (M One).  Jadi selama berada di Singapura sebaiknya kita memakai jaringan M1.  Ini bisa menekan biaya roaming berdasarkan perjanjian kerjasama antara XL dengan M1.  
  3. Lakukan panggilan internasional hanya untuk percakapan yang penting saja.  Atau jika memang kangen tak tertahankan (taela !) karena ingin dengar suara anak-anak atau pasangan tersayang, lakukan di waktu yang sudah disepakati bersama.  Kalau saya biasa janjian di saat sebelum jam tidur anak-anak.  Semacam pillow talk begitulah.  Batasi juga durasi percakapan, misalnya hanya 10 menit saja per percakapan.  Walaupun, saya tidak di rumah namun komunikasi jalan terus.  Untuk tukar informasi "ringan" (atau "update ga penting" pinjam istilah anak saya) semisal "Sudah makan belum ?"  Atau "Lagi ngapain nihh ?"  Nah, pertanyaan-pertanyan yang biasanya sih saya optimalkan fitur messaging .  Biasa BBM, WhatsAp ataupun SMS.  Untuk SMS, sebaiknya tanya juga ke operator provider GSM Anda sebelum bepergian.  Karena charging SMS dari luar negeri ke Indonesia pun tidak murah. 
  4. Untuk akses ke social media atau Whatsap, optimalkan wifi.  Jadi kudu pasang mata untuk lihat tanda free wifi di setiap tempat yang Anda kunjungi.  Aktifkan fitur wifi di smart phone Anda untuk dapatkan jaringan wifinya.  Jika sudah terdeteksi, langsung hubungkan.  Jangan ragu untuk bertanya passwords-nya jika network mengharuskan kode tertentu untuk diakses.
  5. Waktu check-in (atau bahkan di awal ketika melakukan reservasi kamar), pastikan pada pihak hotel atau tempat Anda menginap apakah mereka menyediakan jaringan internet berikut internet rate-nya.  Syukur-syukur kalo internetnya gratis ! Hehehe.  Jangan salah, bahkan si Bule pun yang dibayarnya pake Dollar itu seneng juga sama yang gratisan.  Jadi biasanya di tempat yang jadi tujuan bisnis atau pariwisata, hotel-hotelnya belakangan ini memasukkan fasilitas internet sebagai salah satu alat penarik minat tamu. 
  6. Di Indonesia, uang receh alias koin mungkin sudah turun pamor.  Padahal di negara-negara lain, si koin ini masih berdaya jual.  Biar punya handphone, jangan sungkan untuk pake telepon umum koin.  Walaupun judulnya telepon umum namun kita dapat melakukan international call juga kok ! Caranya tidak sulit.  Tersedia petunjuk pemakaian di setiap booth telepon umum berikut biaya yang mesti kita keluarkan.  Walau demikian, tetap relatif lebih murah dibandingkan dengan hubungan internasional melalui telepon genggam.  
  7. Masih juga pengen ngobrol dengan orang-orang yang dikangenin lebih lama lagi ? Instal aja aplikasi Skype atau Line di gadget Anda.  Dengan aplikasi tersebut kita bisa telepon dengan menggunakan jaringan internet.  Bandingkan dengan biaya bicara menggunakan jaringan mobile network biayanya Rp 5.000/menit.  Apalagi menggunakan jasa telepon via operator hotel yang harganya WOW itu, belum lagi pajak hotel atas koneksi internasional.  Dengan Skype atau Line, keduanya bisa diakses dengan jaringan internet hotel/wifi yang gratis itu.  Bahkan baik Skype dan Line, punya fitur video call pulak !  Sudah aplikasinya bisa didownload bebas, telepon pun makin puas karena bisa ngobrol sambil pandang-pandangan ^_^.

Traveling tetap menyenangkan, kantongpun tetap terjaga.  Lagipula, selalu ada alasan untuk keep in touch  dengan keluraga tercinta 'kan ?

Happy traveling !


7 comments:

  1. makasih mak tipsnya ^^ aku belum pernah travelling ke luar negeri sih mak, tp siapa tau suatu saat butuh, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih jika berguna, insya Allah ada kesempatan jalan-jalan ^_^

      Delete
  2. Aaaahahaa.. saya pun adalah pengguna Skype yang fanatik karena cari gratisan, hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gratisan memang menyenangkan kok.
      Terima kasih sudah mampir mba Riana :)

      Delete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !