[TUTORIAL] Membuat Blog Post Title dengan Canva

by - January 04, 2016

tutorial-membuat-blog-post-title-dengan-canva


Pengen tahu bagaimana caranya membuat judul blog post yang kekinian ?   Itu lho, judul blog post yang desainnya mirip cover majalah.  Biasanya gambar yang digunakan clean and simple dengan font huruf yang juga kekinian.   Bukan tiada maksud membuat desain judul blog post yang ciamik begitu.  Selain untuk menarik perhatian visitor, desain judul yang demikian juga Pinterest-able lho!  Perhatikan daja eh gambar-gambar keren di Pinterest

Ternyata kita bisa membuatnya sendiri dengan aplikasi grafis yang user friendly.  Berita bagusnya, aplikasi ini bisa diakses gratis.  Cukup sign-up aja dengan menggunakan akun sosmed seperti G+ atau Facebook.  Kalau mau pakai akun email juga bisa.


Aplikasi tersebut adalah Canva.  Walau aplikasinya tidak berbayar, namun ada beberapa fasilitas image-nya yang berbayar, yaitu USD 1 saja.  Yup, satu US Dollar saja.  Masih lebih murah jika dibandingkan dengan secangkir kopi dari toko kopi berlambang perempuan dengan rambut terburai panjang made in USA itu J

Oke, shall we start then.

Setelah login, kita bisa pilih dua cara untuk membuat layer dasar.
Cara pertama, pilih Use Custom Dimensions .



Muncul tampilan berikut.  Isi dimensi yang diinginkan dalam satuan pixels (px).  Untuk blog post normal, berdasarkan salah satu artikel yang saya baca, adalah 640 untuk width/lebar dan 427 untuk height/tinggi.  Supaya fit dengan blognya, disarankan untuk cek dulu lebar/width ukuran blog masing-masing, ya.




Cara kedua, pilih sesuai ukuran bawaan Canva.  Klik icon MORE kemudian pilih Blog Title seperti yang terlihat dalam highligt kuning.  Bisa dilihat, Canva menyediakan berbagai template ukuran berbagai media baik untuk keperluan sosial media maupun cetak.  Mulai dari poster hingga kartu nama ada di sini.  Namun berkreasi sendiri juga bisa.



Selain template ukuran, Canva juga menyediakan image/gambar, shapes/bentuk dan font.  Seperti yang saya singgung sebelumnya, tidak semuanya free, ada juga yang berbayar.  Jika menemukan image dengan keterangan $ di pojok kanan bawah maka artinya image tersebut berbayar.  Sebaliknya, yang gratis, ada tulisan free.  Bisa dilihat di gambar selanjutanya.  Selain tanda uang dollar, tampilan gambar berbayar seperti penampakan berikut.  Foto tidak terlihat bersih, namun bergaris-garis atau watermark; yaitu tanda umum yang biasa ditemukan untuk image berbayar.



Di tutorial ini, saya pilih cara 1 atau Custom dan memakai gambar sendiri. 

Setelah klik icon Design di bagian Create Design, maka di window baru akan terlihat tampilan sebagai berikut.  Sebelah kanan adalah Page putih kosong.  Kolom di sebelah kiri nampak seperti gambar pemandangan animasi.  Ini artinya kita belum menentukan foto yang akan kita pakai.  Kondisi lainnya adalah kita akan memakai foto punya sendiri.  Tidak memakai foto-foto yang disediakan oleh Canva.

Kolom tersebut juga menampilkan layout desain yang disediakan oleh Canva.  Terbagi dua secara horisontal, vertikal.  Ada yang dibagi 3 secara horisontal juga vertikal dan sebagainya.  Scroll aja ke bawah untuk lihat lengkapnya.

Untuk mengaplikasikan gambar pilihan kita sendiri, klik Uploads lalu pilih gambar di mana kita menyimpannya.  Memindahkan gambar dapat dilakukan dengan double klik atau drag gambar tersebut ke page yang masih polos.




Foto yang saya pilih langsung terletak di center of the page.  Agar ukurannya sesuai page, maka mesti melakukan adjustment.



Setelah menggeser foto ke kiri atas, ukuran foto masih belum pas juga.  Dibanding menggganti ukuran pixels, saya memutuskan untuk menyesuaikan gambar dengan ukuran page, cukup dengan menarik tanda lingkaran seperti yang ditunjukkan oleh garis merah seperti tampak dalam gambar.



Hasilnya akan terlihat seperti ini.




Sebetulnya bisa langsung membuat text judul.  Namun saya ingin menambahkan dekoratif lain seperti contoh blog title post yang saya tunjukkan di awal.  Maka kita klik Elements.



Pilih Shapes.  Akan terlihat deretan Shapes yang free dan berbayar.  Scroll ke bawah untuk bisa tahu pilihan shapes yang disediakan Canva.




Di sini saya pilih square shapes [kotak] dengan warna putih.  Warna putih terlihat seperti ditunjukkan oleh layer square shapes.  Untuk memilih warna lain, pilih warna lain yang disediakan oleh palet warna.  Untuk memilih warna di luar palet yang disediakan, klik tanda (+) maka akan muncul seluruh kuadran warna seperti ditunjukkan gambar selanjutnya. 




Rencananya foto dengan gambar cangkir minuman dan macaron akan saya jadikan sebagai background/latar belakang. Untuk tulisan akan ditulis di atas element shapes bentuk kotak.  Untuk membedakannya, warna layer kedua dibuat lebih gelap dibandingkan warna foto background. Karena itu saya tebalkan warna square shapes dengan menggeserkan bulatan kecil ke arah kanan (panah kuning).  Ke depannya, Anda sudah tahu bagaimana mengatur tebal-tipis warna, yes ?



Dan ini hasil yang saya inginkan.  Warna layer kelihatan beda dengan foto background, namun efek transparannya juga dapet, yeah!



Sekarang kita memilih Font ya!  Kalau yang ini, rasanya tidak perlu dijelaskan banyak karena cara kerjanya sama seperti pemilihan font pada umumnya.  Perhatikan saja mana huruf yang berbayar atau gratis.  Tapi selama memakai Canva, saya selalu memilih yang free ^_^ (teteub).



Jika familiar dengan Photoshop, Canva ini punya konsep kerja sistem layer/lapisan seperti Photoshop juga.  Bisa dikatakan untuk tutorial ini ada 4 layer;
  •  Layer 1 foto minuman beserta kue
  • Layer 2 square shapes
  • Layer 3 font dengan text Blog Post Title Canva
  • Layer 4 font dengan text With


Karena berlayer itulah maka nampak keterangan Forward dan Back.  Dengan demikian kita bisa meletakkan apakah suatu layer ditempatkan di depan atau di belakang (lingkaran kuning).  Untuk peletakan huruf apakah di rata kiri/kanan atau tengah, bisa dipilih dalam segitiga terbalik seperti panah merah di bawah.



Tebal tipisnya text diatur dengan fitur Transparency.  Kalau yang ini kembali ke selera masing-masing.



Nah, selesai sudah.  Tinggal di Save denga klik Download.  Pilih mode save sesuai dengan kebutuhan.  Karena niatnya ini untuk judul blog post, maka saya pilih opsi pertama yaitu Image for Web (JPG).



Hasil akhirnya seperti ini.  Tidak susah ‘kan ?  Selamat berkreasi deh dengan Canva.  Untuk foto, silahkan eksplor gudang gambar seperti Pixabay atau Pexels.  




Kalo ada istilah foto yang Instgram-able, maka sekarang kita sudah bisa membuat judul untuk blog post yang Pinterest-able ^_^.   

You May Also Like

88 comments

  1. uwowwww, pengen nyoba aah. makasih ilmunya ya mak.. cipok dulu sini hehehe

    ReplyDelete
  2. Kemarin sempet buka-buka, tapi belum ada ide bikin yang kece kaya gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat2 blog orang atau BW ke web blogger luar negeri juga bisa utk dapetin inspirasi.

      Delete
  3. Dari kmaren pnasaran yg nsmanya canva...jd pingin donlod..,, klo foto belakangnya pke foto darimana ya biasanya blogger blogger itu pkenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Gusti, Canva tidak perlu di download karena ini web based application. Utk gambar spt yg saya tulis, coba cari di Pixabay atau Pexels.

      Delete
  4. Aku mau buat foto untuk header blog kok belum jadi-jadi..buntu ide. Qiqiq

    ReplyDelete
    Replies
    1. BW ke tetangga sebelah utk banyakin referensi, Wed.

      Delete
    2. Bisa nih saya bantu bikin header-nya kalo mau :) hehehehe....

      Delete
  5. woowww...lucu euy....
    cari ah aplikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini web based application. Cukup www.canva.com

      Delete
  6. Terima kasih infonya Mbak Ratna :)
    Mau saya coba

    ReplyDelete
  7. kereen.. kayaknya aku mau bikin ah, tapi buat header aja dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Canva bisa untuk Bikin apa aja bisa kok, mba

      Delete
  8. keren! Langsung mau praktek ah.. makasih ya ilmunyaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. My Pleasure to share. Alhamdulillah jika berguna.

      Delete
  9. wuaaah.. kebetulan banget. Saya juga baru aja bikin postingan tentang Canva. Silakan mampir :)

    http://www.sintamilia.com/2016/01/canva-solusi-buat-yang-gak-jago-desain.html

    ReplyDelete
  10. ganteng banget hasilnya. nice info mak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir Nengbiker, semoga berguna

      Delete
  11. kerennn
    terimakasih sudah berbagi
    salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah mampir, mas Agung

      Delete
  12. Canva emang keren yah Mbak, belum coba sih tapi kayaknya emang bagus deh karena sepertinya banyak bloger kekinian yang menggunakannya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat saya, aplikasi Canva lebih friendly dibanding PS. Minimal bisa bantu tampilan blog ikut kekinian.

      Delete
  13. Kece ini..pengen coba. Makasih sharenya mak!

    ReplyDelete
  14. Aihhhh cantikkkk, makasihh mbakkk. Melipirrr akuuuu langsung mo bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. SElamat ketagihan mba, BTW suka makan alpukat ya ?

      Delete
  15. Aku masih ngulik si Canva ini. Cakep euy hasilnya. Bookmark duly ah, Mak. Tengkyu sharingnya.

    ReplyDelete
  16. ooh caranya begitu ya, makasih ya tutorialnya. Aku jadi pingin makan maccaron

    ReplyDelete
  17. Mau ikutan ah!! Makasih tutorialnya, mak.

    ReplyDelete
  18. Thanks ya mak. Dari kemaren nyari tutorial canva. Kalo yg berbayar cara bayarnya gimana ya?

    ReplyDelete
  19. Sekarang banyak aplikasi begini, nggak ada alesan untuk manja minta dibikinkan asal mau berusaha, apalagi sudah dibikinkan tutorialnya sama mak cantik ini. :))

    ReplyDelete
  20. Kemarin udah nyobain canva pas ada GA -nya Mak Tanti. Baru pertama jd masih agak gagap hehe.. Tapi seru.
    Klo bikin judul kayak gini belum hihihi! Tar lah utak atik Makasih sharing-nya ya Mak ^_^

    ReplyDelete
  21. Cakeubb benerrr!
    Aku lg ngulik canva. Hasilnya masih begitu2 doang. Ternyata bikin kotak judul disitu ya hehehe. Tfs makk :*

    ReplyDelete
  22. Sempet muter-muter cari tutorial bikin judul seperti ini...hmmm..langsung praktek...makasih teh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang jadi ngga usah muter-muter lagi donk, ya? ^_^

      Delete
  23. Keceeee... mau nyoba juga aah. Makasih mak :D.

    ReplyDelete
  24. Aku pernah coba pakai aplikasi canva buat infografis sederhana. Nyandu banget. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata ngga aku aja ya yang nyandu sama si Canva ini.

      Delete
  25. Aku tadinya ga paham title judul kekinian yg dimaksud, ternyata nambahin gambar.
    Kalau itu udh sering, cuman bukan buat judul. Buat isi tulisan, beda ya? :))))

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau pasang foto apa aja di blog bisa, mba Ine. pastikan saja masih sopan. Tapi jika kurang suka, kembali ke diri masing2. Blog Walking ibaratnya silaturahim, banyak info dan ilmu. Terima kasih sudah mampir di sini. Salam kenal.

      Delete
  27. Canva sekarang jadi andalanku juga. Bisa bikin infografis ala amatir juga, lumayan lah buat yg gak mau repot kayak sayah. Hehehe

    ReplyDelete
  28. Euihhh ... canggih
    Jadi pengen bikin blog juga.
    Tp ngomongin apa yak?

    ReplyDelete
  29. Asik banget yah mba canva ini, saya suka jugaa

    ReplyDelete
  30. wah ini nih yang lagi ngehits banget, pengen nyobain juga deh edit2 pake canva ini :)

    ReplyDelete
  31. Canva seru ya. Aku baru ngulik beberapa jam aja langsung keluar. Krn masih bingung. Masih familiar dgn photoshop soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Photoshop memang mumpuni, mba Oline. Aku malah ngga bisa pake PS hehehe

      Delete
  32. Saya juga senang memakai Canva Mak...
    Cuma yaa gitu harus sabar dengan kuota hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabung kuota dulu kalo mau akses Canva, hihi

      Delete
  33. Seruuu... belum nyoba sih. Masih pakai hp lebih gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah kagok kalo pake HP, mba Rani. Masih termasuk kelompok jadul yang lebih suka main2 di laptop, saya mah gitu orangnya :)

      Delete
  34. Bagus banget mbak, dari udah lama penasaran bikinnya ini gimana ya ? tapi serius emang harus sabar sama kuota :D. Makasi banyak sharing ilmunya, mbak :) salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti aplikasi lainnya, kelemahan Canva di kuota internet. Tapi enaknya ngga usah instal apa2 di laptop ^_^.
      Iya, salam kenal juga mba Riska, terima kasih sudah mampir.

      Delete
  35. kemarin udah nyobain canva, pantesan pada suka ya, caranya mudah untuk design dan templatenya banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ev, kalo seneng ngulik2 design, ini asik banget. Banyak tutorial & tipsnya juga, jadi sekalian belajar juga.

      Delete
  36. kalau wiken gini, nguprek Canva asik juga kali, ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nguprek ini mah, gak kenal waktu, Chie :D

      Delete
  37. Huwaaa bermanfaat sekali ini, memang saya mau bikin canva ini Mba :)
    Makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo sesuai yang dicari. Grafis model begini memang lagi hits, Teh Ani.

      Delete
  38. Mba, aku sudah bolak-balik ke postingan ini, cuman belum sukses eksekusinya, hehehe.
    Kayaknya kudu aku simpentulisanmu ini, biar fokus sekalian nyobanya ya.
    makasih mba, manfaat banget, semoga kubisa ya

    ReplyDelete
  39. Udah sign up di Canva, tapi masih males ngulik2 sendiri...hihihihi...
    kalau ada tutorialnya begini, enaaak....pas buat orang males kayak aku...hahahaa
    makasih yaaa.. :D

    ReplyDelete
  40. Cakeeepp!! Mak gaptek ini ingin mencoba. Trmks ya, manfaat banget!Btw saya mau memfollow tp kok nggak ada tempatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan hasil nyari di google, ujung-ujungnya ke blogny mak Ratna. Makasih byk mak, ini yang saya cari. Selama ini bingung gimana caranya pake canva. tapi skrg udah bisa berkat mak Ratna. :D

      Delete
    2. Alhamdulillah sesuai harapan dan berguna. Selamat jatuh cinta di Canva mak Wardah :D

      Delete
  41. sudah coba sesuai step by step dan disesuaikan dengan kebutuhan saya. ih, gampang banget. makasih tutorialnya, mak ^^

    ReplyDelete
  42. eh..cakeeppp.. setidaknya tampilan blog yg apa adanya bisa kelihatan lbh elegan *halah

    thanks infonya :) *bookmark dulu :D

    ReplyDelete
  43. keren..keren... lama cari-cari tentang ngedit kekinian.. hehe dapat ilmu disini bersyukur bgt. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jika berguna mba Sarmi

      Delete
  44. penting nih, dari kemarin mupeng liat gambar blog post title orang kok bagus-bagus :D

    ReplyDelete
  45. Waah Makasih infonya Mbak.Kapan-kapan aku cobaa deeh..

    ReplyDelete
  46. Terima kasih sudah mau share info ini ....

    Salam kenal.

    ReplyDelete
  47. saya juga suka pakai canva.. cuma kalau lagi search gambar, ga bisa dipisah yang free dan berbayarnya... andaikan ada tab filter "show free only" gitu, akan lebih memudahkan..

    ReplyDelete
  48. Infonya kece banget mba, setelah membaca tutorial ini pengetahuan saya bertambah 99% tentang canva

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !