-webkit-border-radius: 100px; -moz-border-radius: 100px; border-radius: 100px; #linkwithin_logolink_0 {display:none;}

3 Taman Kota Bogor Yang Gratis Dikunjungi

Saya mungkin termasuk day dreamer alias tukang mimpi.  Banyak yang saya impikan, termasuk tinggal di kota dengan taman kota yang bisa diakses anytime with free alias gratis.  Mungkin ini efek keseringan nonton film luar negeri yang tidak jarang mengambil setting di sebuah taman luas.  Bebas dari PKL tak tertib serta bersih dari sampah.

Bagaimana dengan Kebun Raya Bogor ?

Ya, nggak samalah.  Walaupun luas dan tidak ada PKL -koreksi, di dalam KRB adanya food stall hehehe- serta relatif bersih tapi waktu aksesnya terbatas mirip kantor.  Dan, pake bayar pula!  Hihihi. Bukannya tak mau bayar tapi jika kota seramai Bangkok atau negara secuplik Singapura saja bisa punya banyak ruang publik, kenapa kita ngga ?

3-taman-kota-bogor-yang-gratis-dikunjungi


Well, sebetulnya ada namun tidak banyak.  Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) tahun 2014, tingkat kenyamanan tinggal di 17 kota besar di Indonesia tergolong rendah.  Indeks Kenyamanan Bogor hanya mencapai 60,5%.  Apa saja hal-hal yang dijadikan dasar perhitungan Indeks Kenyamanan Kota atau Liveable City itu ?  Dari 25 faktor, salah satunya adalah jumlah ruang terbuka alias taman kota.

Liveable City

Adalah istilah dalam keilmuan Tata Kota (Planologi) yang menggambarkan lingkungan dan suasana kota yang nyaman untuk dihuni serta sebagai tempat untuk beraktivitas.  Dilihat dari aspek fisik [fasilitas perkotaan, contohnya] dan aspek non-fisik seperti akvitas ekonomi, hubungan sosial.

Masih dari hasil survey yang sama ternyata Malang [69,3], Solo [69,38] dan Balikpapan [71,12] menunjukkan tingkat kenyamanan di atas rata-rata [63,62].  Saya belum pernah ke Solo, tapi sudah pernah ke Malang dan Balikpapan.  Dan seingat saya, di dua kota tersebut memang banyak ditemukan ruang publik.  Dan nampaknya dikelola baik.

Nampaknya Bogor tidak berpuas diri dengan Kebun Raya Bogor saja.  Selain membenahi ruang publik yang sudah ada, belakangan bermunculan taman-taman yang ternyata memang ramai pengunjung.  Walaupun belum sekelas Central Parknya New York, paling tidak tinggal di kota yang mempunyai ruang publik mulai jadi kenyataan.

Berikut 3 taman Kota Bogor yang gratis dikunjungi.

Taman Kencana

Sesuai namanya, taman ini berada di kawasan perumahan nan asri di Jl. Taman Kencana. Selain perumahan, daerah ini juga lekat dengan kampus negeri IPB, tepatnya gedung lama Fakultas Kedokteran Hewan IPB.

Menurut cerita almarhum kedua orang tua saya, kawasan ini dulunya merupakan daerah pemukiman elite di jamannya.  Biasanya diperuntukkan bagi keturunan Belanda.  Atau golongan pribumi yang termasuk high rank society. Misalnya pegawai pemerintah yang jabatannya tinggi atau dosen IPB. Jika ingin melihat peninggalan arsitektur jaman Belanda, masih bisa ditemukan di kawasan tersebut, walaupun jumlahnya tinggal satu-dua.

Sebagaimana layaknya yang sering kita lihat di film-film, kaum bangsawan Eropa lekat dengan kesukaan berjalan-jalan atau menghabiskan waktu di taman.  Apalagi hawa sejuk Bogor mendukung maka tak heran jika dibangun sebuah taman di daerah ini.  

Karena daerah perkuliahan, tak heran jika di sekitaran Taman Kencana jadi salah satu sentra jajanan dan tempat nongkrong anak gaul Kota Bogor.  Salah satunya mie ayam Kosim seperti yang pernah saya bahas di sini.

Baca juga 5 Mie Ayam di Kota Bogor.







Jika akhir pekan tiba, taman ini jadi salah satu pusat kegiatan penghuni kota.  Mulai yang jalan pagi, orang-orang yang mencari sarapan hingga tempat berkumpulnya para komunitas seperti pehobi anjing, olah raga Capoeira hingga moko penjual aneka barang.  

Semenjak Taman Kencana direnovasi, PKL yang biasa mangkal disekeliling taman, termasuk mie ayam Kosim ditertibkan.  Lokasinya dipindahkan ke samping jalan Gedung FKH, ke Jl. Ciremai Ujung.  Memang jadi agak jauh, tapi demi kerapihan tata kota, why not?  Still, this park is a good choice for your week end.



Taman Heulang

Sama seperti Taman Kencana, nama taman ini diberikan sesuai dengan lokasi di mana taman ini berada.  Yup, di Jl. Heulang (Burung Elang dalam Bahasa Sunda).  Mulanya taman ini hanya lapangan biasa di kawasan perumahan Tanah Sareal.  Seingat saya lapangan relatif tak terurus, meinilik dari tumbuhan yang dibiarkan seadanya, rumput-rumput juga tumbuh tak rapih.  





Sama seperti daerah Jl. Taman Kencana, kawasan Tanah Sareal ini dari dahulunya memang diperuntukkan sebagai wilayah pemukiman, hanya beda jaman.  Jika Taman Kencana dirancang dari jaman Belanda dahulu, maka area Tanah Sareal merupakan pengembangan daerah hasil pemerintahan Kota Bogor di awal tahun 70-an.

Sebelumnya, lapangan ini sempat dijadikan sebagai tempat olah raga beberapa sekolah yang berada di kawasan Jl. Heulang.  Setelah berubah penampakan seperti sekarang, Taman Heulang lebih cocok untuk tempat foto-foto seperti yang kami lakukan ^_^.







Taman Ekspresi

Dibandingkan dua taman sebelumnya, Taman Ekspresi terbilang baru.  Mulanya ini hanya lahan kosong dengan kontur tanah berundak.  Namun pemanfaatannya sebagai taman dengan konsep open theatre membuatnya menjadi unik.  Pepohonan yang sudah lama tumbuh di lahan tersebut dibiarkan keberadaannya memjadikan taman tersebut kini menjadi area favorit kongkow murah-meriah walau di siang terik sekalipun.

Secara lokasi, sangat berdekatan dengan Taman Kencana.  Yup, kawasan itu memang nampaknya memang  dirancang sebagai kawasan layak huni dari jaman kolonial dahulu.  Walau warisan penjajah namun layak untuk tetap dipertahankan keberadaannya.





Semoga Pemerintah Kota Hujan makin banyak menyediakan ruang publik sejenis dan keinginan menjadikan Bogor sebagai liveable city dengan penghuni yang lebih civilized bisa tercapai nantinya.


References:


13 comments:

  1. Baru tau yang Taman Heulang. Sekarang jadi bagus banget. Udah lama nggak lewat sana.

    ReplyDelete
  2. orang bogor udah 13 tahun, tapi diantara 3 taman itu, hanya 1 yang familiar. selebihnya harus dikunjungi nih

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyak ruang terbuka hiau di Bogor, selain Kebun Raya ya TFS :)

    ReplyDelete
  4. Bogor emang Kereenn
    saya suka ademnya
    salam sehat

    ReplyDelete
  5. aku juga suka deh kalau lihat film2 dengan taman kota.... membayangkan kota2 besar Indonesia juga punya, dan seri taman di blogku sudah ada 3 kalau nggak salah..,
    syukurlah sudah ada 3 di Bogor ya..cantik2 keliatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Masih ada yang lain, tapi 3 itu yang sering kami kunjungi

      Delete
  6. sbg urang bogor aja gak sy gak tau klo ada taman heulang sama taman ekspresi, haha kurang piknik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyakin pikniknya, jangan belajar aja hehehe

      Delete
  7. banyak juga taman di kota bogor, apalagi kota hujan, tentunya banyak tumbuhan, di solo cuma ada Taman Balekambang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayanlah mas, adanya taman bikin sehat hati senang :D

      Delete
  8. catet, nanti kalau ke BOgor mau mampir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, secara Bogor bukan cuma Kebon Raya aja :D

      Delete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !