-webkit-border-radius: 100px; -moz-border-radius: 100px; border-radius: 100px; #linkwithin_logolink_0 {display:none;}

Twisted Story Movie

Gegara baca laman Flash Fiction-nya mak Redcarra, saya jadi tahu terminologi “twisted story” atau “twisted ending”, pokoke gitu deh istilahnya.  Kurang lebih maksudnya begini; dari awal cerita si penulis memberikan fakta-fakta yang menggiring pemikiran pembaca pada suatu kesimpulan.  Namun di akhir cerita, kenyataannya tidak demikian.

Apakah artinya pembaca diperdaya oleh penulis ?  Kalau menurut saya, saking pandainya si penulis meramu suatu cerita, sehingga gak terasa jika ada bagian dari cerita yang tak dijabarkan tuntas. Atau samar diulas.  Biasanya, pada akhir cerita lah, penulis akan menguraikan semuanya, fakta-fakta yang sudah tersambung lebih diperkuat lagi dengan hidden-hidden facts yang sengaja disimpan dan cerita pun berakhir dengan klimaks yang sempurna. Save the best for last !


Tokoh yang kita pikir pembunuh ternyata adalah korban.  Karakter lain yang kita pikir pihak yang dizolimi malah pelaku sebenarnya.  Kira-kira begitu lah, contohnya.

Setelah nonton film-film berikut, saya baru nyadar kalo ceritanya mengadaptasi konsep twist tadi.  Ada banyak film dengan konsep twisted dan biasanya masuk kategori thriller namun apakah thriller itu pasti twisted ?  Harus dicari tahu dulu tuh ^_^

Berikut film dengan plot yang model twisted versi saya; silahkan lihat Ghost Writer, atau Now You See Me.  The Girl With The Dragon Tattoo juga masuk dalam list saya ...

Ghost Writer; film ini udah pernah saya bahas sebelumnya.  Yang belum baca atau pengen ngulang bacanya, silahkan klik lagi yang ini ^_^

The Girl With A Dragon Tattoo  


  
Film yang tidak pelit adegan “sangat-sangat dewasa ini” nya berangkat dari novel dengan judul yang sama, bagian dari trilogi karangan Stieg Larsson, seorang penulis asal Swedia.  Buku ini sendiri menjadi best seller di Eropa maupun Amerika Serikat tahun 2005.   Berawal dari permintaan sebuah keluarga kaya Swedia yang meminta seorang jurnalis (Daniel Craig si 007 ituh !) untuk mencari keponakannya yang sudah 40 tahun hilang.  

Saking kayanya keluarga ini, hingga berumah dan menjadi ‘penguasa kecil’ sebuah daratan yang terpisah dari main land (ada beberapa bagian Swedia yang berpulau-pulau kecil gitu, gak heran jika mereka suka berperahu dan terkenal sebagai salah satu tim handal lomba perahu dunia).  Permintaan itu pada akhirnya membuka aib keluarga yang selama ini ditutup-tutupi.  Twisted film ini adalah ketika sang keponakan yang diduga mati ternyata masih hidup dengan memakai identitas baru.  Dan, akhirnya terungkap juga pelaku kasus pembunuhan yang selama 40 tahun terakhir menghantui daerah tersebut.


Now You See Me


Unlike Girl With A Dragon Tattoo, kita bakalan ikut terbengong-bengong melihat atraksi sekelompok ilusionis di Now You See Me yang dipersatukan dan kemudian dipekerjakan oleh seseorang yang tidak pernah mereka jumpai sama sekali.  Mereka diundang dengan cara yang unik, diperlihatkan di akhir cerita, dan diperintahkan untuk bekerja pun dengan cara yang tidak lazim yaitu memakai praktek-praktek sulap atau ilusion. 

Aksi itu kemudian melibatkan pihak FBI bahkan polisi interpol guna melacak bagaimana tim ilusionis bisa melakukan perampokan bank selama pertunjukan.  Alih-alih menikmati uang rampokan, hasil jarahan selalu dibagikan pada para penontonnya sebagai tanda terima kasih.  Dalam hal ini, FBI harus mau bekerja sama dengan Interpol karena lokasi perampokan dan lokasi atraksi berlangsung di beda negara.

Balas dendam dibalut kesabaran luar biasa, dibumbui dengan kepandaian dan  strategi jitu.  Belum lagi dengan akting Mike Ruffalo yang act like a fool, dan sombongnya Morgan Freeman sebagai ilusionis nomor wahid, bener-bener mengecoh.  

Nonton film ini seperti buat puzzle, kita [eh, mungkin tepatnya saya] dibuat clueless alias ga ada bayangan sama sekali.  Kabarnya film ini akan dibuat sekuelnya.  Jadi penasaran apakah bakal sekeren film pertamanya !

  

4 comments:

  1. Replies
    1. Gak nyesel deh, mak Yuni. Selamat nonton :)

      Delete
  2. Keyen :)))
    Aku ga terlalu apdet sama film sekarang, kecuali film anak-anak :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kategori omnivora film, semua ditonton ^_^
      Ma kasih udah stop-by, mak Carra.

      Delete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !