[DIY] Pisang Goreng Balut Coklat

by - June 13, 2016


pisang-goreng-balut-coklat-sriboga-easy-mix


Kalau sudah urusan dapur, saya nyerah.  Seperti yang saya pernah cerita di sini, masak itu adalah kewajiban untuk memenuhi kebutuhan primer.  Apalagi semenjak nggak pake pembantu, otomatis semua saya lakukan sendiri termasuk memasak.  Kebayang 'kan dengan kemampuan masak yang minim, menu yang disajikan pasti berkisar itu lagi-itu lagi!


Apalagi di bulan puasa seperti ini di mana jam masak berubah dari biasanya.  Selain pilihan menu yang akan disajikan, kita juga harus memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk memasak. Tidak heran jika saya memilih resep masakan yang simpel.  Atau cari resep yang bikinnya ngga repot. Selain tips memasak praktis, pemilihan bahan akhirnya masuk dalam hal yang dipertimbangkan.

Ketika memutuskan akan menyajikan fritters atau gorengan sebagai takjil berbuka, terlintas oleh saya menyajikan pisang goreng.  Gegara terinspirasi oleh fondue, maka si pisang goreng ini akan dibalut oleh lelehan cooking chocolate, hmmm.  Karena pisang goreng biasa itu sudah terlalu mainstream, halagh!






Bahan-bahan (sesuai image di atas)

- Pisang raja yang matang, potong sesuai selera, 2-3 max.
- 220 gram Tepung Pisang Goreng Sriboga Easy Mix
- 220 gram air dingin (saya pakai air es)
- Minyak goreng secukupnya
- Cooking chocolate, sesuaikan selera ie strawberry, white, milk choco dsb
Di sini saya pakai dark cooking chocolate (Tulip)


Cara membuatnya?

Easy peasy.  Campurkan saja Tepung Pisang Goreng Sriboga Easy Mix dengan air hingga menjadi adonan yang halus.  Sebaiknya aduk dengan menggunakan balloon whisk.  Masukkan potongan pisang lalu goreng.

Tiriskan semua pisang yang telah digoreng..  Sambil menunggu suhu pisang goreng turun, mari lelehkan potongan cooking chocolate dengan teknik au bain marie. 

Mengapa tidak langsung dibalut dalam keadaan pisang goreng masih panas?  Khawatirnya jika coklat dan pisang goreng sama-sama dalam keadaan panas, maka balutan coklatnya jadi tidak maksimal. Teori yang sama diterapkan jika Anda ingin melapisi kue kering dengan cooking chocolate.  Pasti disarankan agar suhu kue turun atau dingin.





Dari tadi menyoal Tepung Pisang Goreng Sriboga Easy Mix (please read Disclosure), memangnya apa tepung Sriboga Easy Mix serta kelebihannya dibanding tepung lain?

Sriboga Easy Mix ini merupakan brand premix dari Sriboga Food Solutions.  Kenapa juga disebut tepung premix?  Karena di dalamnya sudah terkandung tepung terigu, garam, bumbu serta bahan-bahan lain dalam bentuk bubuk. Walau berbumbu namun tepung ini bebas pengawet dan no MSG.

Karena sifat tepung Sriboga Easy Mix tersebut maka proses memasak relatif lebih pendek.  Kita tidak perlu lagi memilah bahan beserta ukurannya.  Cukup menakar jumlah tepung dan air yang diperlukan, lalu aduk.  Adonan pun siap digunakan.

Ada empat varian Sriboga Easy Mix yaitu Crispy ala Kentucky, Japanese Tempura, Tepung Serbaguna dan Pisang Goreng seperti yang saya gunakan di resep ini.

Oh iya, jika Anda pernah mencicipi tempura di restoran Marugame Udon, nah tempuranya menggunakan Sriboga Easy Mix jenis Japanese Tempura.

Well, nampaknya menu yang bakal saya sajikan di meja makan bakalan ngga berkisar itu lagi-itu lagi deh. 

Happy tummy!



You May Also Like

17 comments

  1. Wooo, esuk-esuk lihat yang legit-legit begini, cess bener nih.
    Bisa dijadikan dessert sederhana ya kayaknya. Karena kalau susu aku bisa abaikan, kalau chocolate, nggak pernah nggak kepengin, hihihi, sama aja boong dong

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Lapar boleh, bukanya nanti setelah bedug Maghrib ^_^

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Widiih.enak banget tuuh.. Cokelatnyaa yummy...

    ReplyDelete
  5. Boleh nih dicoba. Sriboga tepung beli dimana tuh jeng Ratna?

    ReplyDelete
  6. Eh aq baru tahu tepung pisang goreng dr sriboga. Jadi pengen beli

    ReplyDelete
  7. pengeeen pisang goreng coklatnyaa :D... ngebayangin sore2 makan ini sambil minum teh dan baca novel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang enak kok, sore-sore ngeteh sambil makan pisang goreng coklat :)

      Delete
  8. pisang dan coklat memang soulmate. Perpaduannya pas :)

    ReplyDelete
  9. PT Sriboga Flour Mill menggelar Event Sriboga Pelatihan UKM di tahun 2021 Sriboga mengundang UKM-UKM binaannya yang tentu saja bergelut di bidang kuliner untuk mengikuti pelatihan ini. pendaftaran bisa melalui digitiket


    event sriboga
    pelatihan UKM sriboga
    kelas ukm sriboga
    event Sriboga
    event UKM Sriboga
    Sriboga CLASS
    kelas UKM Sriboga
    sroboga event
    Event Sriboga
    Event Sriboga
    Event Sriboga
    Event Sriboga
    Sriboga UKM CLASS

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !