Berburu Masa Lalu di Pasar Triwindu Solo

by - March 19, 2019



Berkunjung ke pasar barang antik Triwindu Solo ibarat berburu masa lalu.  Hampir semua benda yang saya lihat di sana menghadirkan kembali nostalgi .  Untuk sejenak, saya merasa "pulang" ke rumah Bapak-Ibu.

Bagi yang belum tahu, Pasar Triwindu hanya selemparan batu jaraknya dari Pura Mangkunegaran, tepatnya di sisi sebelah selatan.  Pasar yang merupakan peninggalan Raja Pura Mangkunegaran kini menjadi pusat barang antik dan konon terlengkap di Jawa. Kelengkapan aneka ragam barang yang dijajakan tidak hanya dikenal oleh pehobi barang lawas domestik saja, penyuka barang antik mancanegara pun sering mencarinya hingga ke sini.

Keunikan barang-barang di Pasar Triwindu pun menarik perhatian masyarakat awam dan menjadikan Pasar Triwindu sebagai "must seen" tujuan wisata Solo yang sayang untuk dilewatkan.   Bagi penggemar fotografi, pasar yang saat berdiri diberi nama Pasar Windujenar ternyata asik dijadikan lokasi hunting foto.  Termasuk oleh saya yang di siang itu dimanjakan oleh banyak obyek menarik.

Semoga foto-foto yang disajikan ini bisa mewakili masa lalu yang dimaksud.




**0**

You May Also Like

49 comments

  1. Rasanya baru kemaren ngetik dengan mesin tik, sekarang udah jadi barang antik...bener deh, seperti berburu ke masa lalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah teknologi apalagi yang akan menggantikan laptop. Voice/suara, kayaknya sihhh. Kebayang ngetik pakai suara? Kayaknya kok kurang asik yaa? hehe

      Delete
  2. Ah keren sekali barang barangnyaa..antik dan klasik bangettt.harganya mahal kah mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada. Aku mah lebih pada lihat2 aja. Gak beli 😁

      Delete
  3. Kak kagum lihat foto-fotonya. Keren pisan. Aku waktu ke solo belum sempat mampir ke pasar barang antik ini. Lihat foto-foto ini jadi kepengen datang ke sana lagi 👋👋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Evi suka begitu dehh, padahal foto2 human dirimu juga bikin envy akooohhh ^_^. Aku aja betah di situ, cuma yang lainnya nggak #naseeb

      Delete
  4. Suka banget sama fotonya. Di situ juga koleksi perangko jaman dulu nggak, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lihatnya uang kertas. Ga lihat perangko. Monmaap ga bisa jawab ^_^

      Delete
  5. wah aku suak nih yang berbau masa lalu, jadi kenangan sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang ditulis, seperti pulang ke rumah orang tua. ngga berasa kalo itu pasar :))

      Delete
  6. sepertinya aku takut kalo kesitu. takut kalap liat parabotnya :D

    ReplyDelete
  7. Wah ini yang sering terlewat kalau ke Solo, kapan waktu ke Solo lagi aku mau mampir sini deh tentu seru liat barang2 koleksi yang antik ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buatku sih seru, Un. Barang antik yang udah lama gak kelihatan, eh ada di situ.

      Delete
  8. Seakan kembali ke masa lampau ya mbak. Aku beberapakali ke Solo mlah baru tahu skrng kl ada tempat ini.

    ReplyDelete
  9. Fotonya keren-keren Mbak Ratna.Mbak Ratna kalau main ke tempat anti mainstream ya. Tapi aku suka. Bisa kangen kangenan dan melihat kenangan masa lalu. Ada uang 5 rupiah. Dulu uang itu yang selalu kutabung di celengan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sempet nabung uang Rp 5 itu. Ketahuan generasinya hahaha. Jajan Rp 5 udah kebeli macem-macem, kenyang ^_^
      Kalo liburan ke tempat mainstream, isinya orang semua, mbaaa #hiyaaa

      Delete
  10. Duh, musti banget ini untuk disambangi. saya suka yang klasik2 kayak gitu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru kalo buat yang suka. Kalo gak seneng jadi aneh, ngapain lihat baran "busuk" hehe

      Delete
  11. Wah barang2nya banyak yg mirip punya nenek kakek Saya dulu .bikin senduu. Penting juga melawat kesini buat nostalgia Dan nambah ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang saya tulis, seperti kembali ke rumah masa lalu ^_^

      Delete
  12. Barang-barangnya jadul banget. Ahaha. Surga banget nih untuk yang suka barang vintage,

    ReplyDelete
  13. Aih datang ke sini jadi ingat kenangan masa kecil ya, kak. Dan banyak yang suka untuk kunjungi termasuk aku. Untuk harga kisaran berapa, mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus-terang saya ga belanja. Murni cuma untuk foto hunting aja :)
      Monmaap, ga bisa kasih info ttg kisaran harga.

      Delete
  14. Diantara barang narang diatas yg paling aku suka buru adalah teko gelas2 lurik... bikin keingetasa kecilku sama simbahku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempat ini Semacam "time machine" yang bisa mengembalikan ingatan pada masa lalu.

      Delete
  15. Kalau liat yang lalu-lalu suka sakit hati *lah ini bahas apa sih*


    Kalau koin-koin masih okelah dikoleksi, tapi kalau koper tua berdebu itu mau diapain lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa lalu ndak usah diliat, Om. Ditinggalkan saja #halagh!

      Delete
  16. Pasar Triwindu tuh surga buat yang nyari barang antik. Temenku renov rumah, dapat yang lucu-lucu dari sini. Keidean aja mau dipakai untuk apa. Kalau aku sih nyari soto Triwindu. Hehe...

    ReplyDelete
  17. Haduuuhhhh...saya penggila vintage, artikelnya mengandung racun ini mba :)

    ReplyDelete
  18. ini mah surga masa lalu.. teko blirik itu jadi hits lagi di masa sekarang.. saya sampe bela belain beli... mungkin kalo saya ke sana malah saya bisa borong beberapa barang epic itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pola blirik kembali jadi hits. Alm Mama saya dulu punya koleksi panci, blirik warna abu-abu.

      Delete
  19. Betul ih serasa kembali ke masa lalu. Lihat mesin jahit jadi ingat nenek yang suka menjahit menggunakan mesin seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin jahit alm nenek saya lebih jadul lagi. Pake engkol diputer tangan, belum pake bantuan kaki qiqiqi

      Delete
  20. Ya ampunnnn... Aku suka ini. Pasar Triwindu.. Fotone apik2 wae mba. Jadi pengen berburu piring dan cnagkir kaleng dimari. Eh ada ga sik? hahaha

    Mesin tik nya ya Tuhan.. terakhir pake itu pas kelas 4 SD kalau ga salah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cangkir & piring kaleng, kalo gak salah lihat, ada. Mesin tik yang brisiknya ngangenin tuuh hehe

      Delete
  21. Bisa tahan ga ya main kesana.. rasanya gatel main beli ini itu terutama mesin tik.. ahahaha

    ReplyDelete
    Replies

    1. Emang kudu siap mental, jaga iman dari godaan barang-barang lawas yang rasanya pengen dibawa semwaah!

      Delete
  22. Kayaknya kalau di sana, saya pengen bawa itu piring kaleng yang ada tulisan coffee. Cakep banget kalau dijadiin pajangan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya nyenengin main ke situ. Dah gitu aja deh. ^_^

      Delete
  23. Berkali-kali ke Solo tapi belum pernah ke Triwindu. Buat yang rumahnya konsep vintage2 gitu bisa kalap kayaknya ya kalo ke pasar ini... :D

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !