Week End Gateway; Asiknya Traveling Berdua Anak ke Singapura

by - July 12, 2021



Assalamu alaikum semuanya.  Semoga dalam kondisi baik-baik, ya.

Ngomongin soal traveling, punyakah cerita perjalanan yang paling berkesan?  Saya punya!
Yaitu liburan ke Bali berdua Mama sebagai hadiah kelulusan SMP.  Ceritanya di masa itu, dari kami berlima, cuma saya yang belum pernah ke Bali.  Kedua kakak saya sudah ke Bali bersama kawan-kawannya.  Sebagai anak cowok mereka nggak punya exit permit issue.  Lain ceritanya dengan saya, Si Bontot perempuan.  Mau kemana-mana perlu surat ijin keluar dan pengawalan khusus jika diperlukan, hahaha.  Begitulah nasib anak perempuan satu-satunya di keluarga.  Untuk Mama, ke Bali diajak Apak saat beliau dinas ke Pulau Dewata.  Tinggallah saya yang belum mengecap Tanah Bali.  Dari dulu, Bali memang nggak ada matinya.  Tujuan liburan fenomenal bahkan untuk orang Indonesia.  Ibaratnya, belum liburan kalau belum pernah ke Bali.

Singkat cerita, akhirnya kami berdua ke Bali.  Bali di pertengahan 1980-an (bisa ngira-ngiralah yaw, berapa umur saya hehe) pastinya beda dengan sekarang.  Semuanya masih serba manual, boro-boro ada aplikasi travel online.  Tempat wisata pun belum semarak.  Destinasinya standar; Tanah Lot, Kintamani, Pura Besakih dan Pantai Kuta.  Ubud masih kampung yang belum dilirik wisatawan.  

Meski hanya berdua kami tidak mengikuti tour.  Alih-alih terikat dengan rombongan, kami pilih paket daily tour sendiri.  Jadi hari ini ikut tour arah Bedugul.  Keesokan hari jika ingin santai, kami off-kan dulu tournya.  Dan arrangement seperti ini berdasarkan hasil diskusi kita berdua.  Iya, selama perjalanan itu, otomatis kami jadi banyak diskusi.  Tidak sedikit pendapat saya yang “didengar” Mama. Sikap Mama yang demikian membuat saya jadi merasa “dewasa”.  Yang biasanya perjalanan liburan dikomandani oleh Apak, kali ini kami berdua yang pegang peranan.  Efeknya ternyata beda sekali lho, jadi lebih terasa unsur adventure-nya.  Selain itu,  Saking berkesannya liburan berdua Mama ke Bali, hingga tertanam keinginan untuk melakukannya lagi di kemudian hari. 

Selain jadi ajang bonding hubungan saya dengan Mama yang kemudian membuat relationship seperti “teman”, liburan berdua Mama ternyata jadi pengalaman yang sangat emosional di kemudian hari.  Karena tidak lama saya lulus SMA, Mama berpulang ke pangkuan Ilahi. 

"Hanya" dikasih waktu sebentar sama Mama, jadi menimbulkan dendam.  Jika punya anak nanti, betul-betul ingin memaksimalkan hubungan ibu dengan anak.  Pengen jadi ortu yang asik seasik kanal berita https://www.ibupedia.com/.  Salah satu ikhtiarnya adalah bercita-cita traveling berdua anak saja!  Saat saya sampaikan keinginan tersebut pada Paksu, alhamdulillah dia memahami dan mengijinkan.

Sama Mama di Bali 
 "What the daughter does, the mother did" 

Maka dari itu manakala Si Sulung punya permintaan untuk “dihadiahi” traveling jika diterima di perguruan tinggi negeri, permintaannya kami setujui.  Itupun dengan syarat tambahan jika masuk PTN melalui jalur undangan.  Qadarullah Si Sulung masuk PTN tanpa tes.  Semua doa dan ikhtiar dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa. 

Saat penentuan tujuan, akhirnya diputuskan Singapura.  Pertimbangannya karena harga tiket ke Singapura lebih murah dibanding Bali.  Well, not nice but it’s true.  Selain faktor keamanan di Negara Merlion ini cukup baik, saya juga sudah familiar karena beberapa kali tugas ke sana. 

Perjalanan ke Singapura itu benar-benar dibuat tanpa pretensi apa-apa.  Saya yang acapkali mempersiapkan itinerary dengan matang seperti perjalanan ke Bangkok lalu, kali ini sangat santai.  Urusan pencarian tiket saya serahkan pada Si Sulung.  Kata kuncinya, cari tiket seekonomis mungkin.  And she did her part great.  Saya tinggal urus penginapan.  Dari sekian banyak pilihan akhirnya kami memilih 5Foot Way.Inn.  Hostel ekonomis dengan fasilitas yang lumayan untuk budgetted travel kali ini.


Di hari keberangkatan, begitu PakSu drop off kami di Terminal Bus Damri, artinya petualangan ibu dan anak pun dimulai hingga 3 hari ke depan.  Yup, kami memilih berakhir pekan di Singapura.  The trip was short of like week-end gate away.  Dalam hati, sebetulnya saya sangat excited.  Bepergian adalah pengalaman yang indah; ketika saya pergi solo, rasanya memuaskan; saat bersama teman-teman, itu menyenangkan; tapi dengan anakku saja, rasanya luar biasa!

Dan sejarahpun berulang.  Rasanya de ja vu.  Bedanya, saya jadi si ibu, bukan Ratna si anak remaja.  Dalam perjalanan tersebut, rasanya bukan sekedar anak dan ibu, melainkan teman seperjalanan.  She is my travel buddy.  I have to listen my travel mate to make this trip fun and joyful.  And so she is.  

Wefie alas kaki di MRT

Ikutan lesehan sama orang-orang ini sambil makan es krim potong Uncle


Traveling berdua ke Singapura kita isi dengan hal-hal retjeh.  Pepotoan di Haji Lane, wandering around sekitaran tempat penginapan di China Town, window shopping sepanjang Orchard Road, nongkrong di pertokoan Orchard sambil makan es krim potong, belanja oleh-oleh di Mustafa Centre, keliling kota Singapura pakai MRT, keliteran gak jelas di Marina Bay.  Ngga ada itinerary yang jelas.  Spontaeous aja.  Pokoknya
; girls just want to have fun!  

Mirip seperti perjalanan saya dengan Mama ke Bali, kali ini pun kami banyak bertukar cerita dan diskusi bahkan ide.  Si Sulung ini memang anaknya matematis, punya kecenderungan untuk berhitung.  Begitu pula saat akan bertransaksi, dia yang jadi juru hitung.  Memberikan pandangan agar saya mencari toko lainnya saat dinilainya harga barang yang dimaksud dianggap terlalu tinggi.  Dengan caranya yang demikian saya jadi tahu trik menekan biaya makan di Singapura yang memang sudah terkenal tinggi biaya hidupnya.  

Dalam hati saya sangat bersyukur karena diberi kesempatan oleh Allah untuk merealisasikan keinginan saya: traveling berdua dengan anak.  Lewat perjalanan ini, saya jadi makin memahami pola pikir dan sikapnya.  Karena hanya berdua saja, sikapnya pun jadi lebih independen.  Insya Allah nanti saya bisa melakukan hal yang sama dengan adiknya.  Atau Paksu bepergian berdua saja dengan Anak Lanang, mungkin?

Walaupun sebetulnya semua perjalanan liburan mau kemana pun tujuannya dengan siapapun perginya, selalu menyenangkan dan punya cerita yang tak terlupakan.  Namun pergi berdua saja dengan anak akan menjadi kenangan khusus bagi saya.  Semoga juga untuk dia.

“The greatest legacy we can leave our children is happy memories.”
- Og Mandino - 

***

 Tulisan ini diikutsertakan dalam Ibupedia Blog Competition - Share Your Parenting Story 

You May Also Like

16 comments

  1. Wah, asyik ya bisa jalan-jalan dengan anak rasa teman.
    SIngapura memang bersih dan aman banget sih. Meskipun mostly isinya 'beton', tapi Singapura ini selalu punya daya tarik untuk dikunjungi, terutama bagi saya yang suka belanja brand-brand olahraga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dimudahkan jalannya dan bisa terealisasi, Mas. Betul-betul jadi unforgettable trip for both of us. Sebagai ortu, saya sarankan trip model begini. Ga penting destinasinya, lebih penting quality time-nya. Beda sekali rasanya.

      Delete
  2. Seneng banget bisa bepergian berdua bareng anak ya. Rasanya beda dengan kalo bepergian berikut bareng ayahnya. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa terulang lagi ya, Mbak Ratna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tahu nih, Paksu mau jalan ke mana sama anak lanang. Aku sih strongly suggest. Pengalamannya itu lho, tiada duanya. Semoga mba Vicky bisa juga demikian someday.

      Delete
  3. Aku iriiiii, gak punya anak perempuan hahaha..Belum pernah juga trip berdua aja dengan anak lelaki..

    Seru ya punya travel buddy yang kita kenal dengan baik. Sedikit banyak akan saling mengalah demi kenyamanan teman triopnya. Mengenai hitung2an, saya yang dodol matematika ini akan selalu mengandalkan si sulung atau si bungsu. Mereka lah teman terbagik budgeting aku. Aku mah orang nya kalau mau beli ya beli saja, gak pakai perhitungan. Nanti kalau sudah bobol CC-nya baru nyesel hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kalo iri aku ngga ikutan, Un.
      Tapi bisa dicoba tuh, duo trip dengan anak lanang. Aku juga curious ingin melakukannya. Beda anak kan beda karakter ya? Bisa jadi beda cerita juga hehehe

      Delete
  4. Seru amat traveling berdua kayak gini :) Oh, tentu beda ya rasanya hihihi dibandingin jalan2 rame2 :D Bonding anak dan orang tua lebih erat dan hangat saat pergi berdua aja. Kangen es krim uncle :D Belanja di Mustafa Center juga bikin ketagihan hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba Nurul. Salah satu bonding anak-ortu, quality time dapet, pengalamannya juga tak terlupakan.

      Delete
  5. duuh aku ngiri banget traveling ke Singapura sama anak. Aku pengen ke Singapur udah bikin paspor 2019 akhir eh malah ada coronces. gagal deh sampai sekarang blm bisa kesana

    ReplyDelete
  6. wah seru banget kak, bisa jalan sama si kecil ya, jadi kangen pengen traveling lagi, sekarang kalau ke luar negeri karantinanya ya lumayan

    ReplyDelete
  7. Saya baru sebatas ngajak anak makan di resto aja. Belum pernah jalan-jalan sampai berhari-hari hanya dengan anak. Pengen suatu saat bisa begini. Karena sekadar makan di resto aja udah berasa asiknya. Jadi lebih berasa dekat.

    ReplyDelete
  8. Menyenangkan sekali punya memori bepergian berdua bersama mama dan kemudian anak sendiri. Kalau ada rejeki dan pandemi mereda, serta masih diberi usia, aku mau ajak bapak dan ibu jalan-jalan ke luar kota bahkan luar negeri. Bukan "sekadar" ngurus seserahan wkwk.

    Kalau nanti punya anak lanang, kayaknya mau agendakan backpackeran berdua juga ah.

    ReplyDelete
  9. Nangis bacanya Mbak, Al Fatihah buat Mama ya.. berkesan banget perjalanan berdua itu yaa berbagi momen indah dan seru.. semoga sekeluarga sehat yaa..

    ReplyDelete
  10. Seru ya bisa jalan bareng anak, apalagi anaknya udah abege jadi kayak jalan ma temen. Kalo aku pernah sama anak sulungku berdua ke Yogya, jadi pengalaman yang tak ternilai bisa me time bareng.

    ReplyDelete
  11. Seru banget jalan bersama anak perempuan sendiri ya mbak. Ini akan menjadi kenangan indah bagi anak di masa depan>

    Saya juga suka jalan karena mama dan bapa suka ngajak kami anak-anaknya jalan di masa kecil. Mau itu urusan keluarga ke Samosir, atau cuma menemani belanja bahan dagangan ke Medan, atau piknik ke Danau Toba, itu sudah jadi pengalaman indah yang kami kenang sampai sekarang. Lalu kini gantian, bawa nyokap jalan setelah kami masing-masing dewasa. Bonding anak dan orangtua itu tak ternilai harganya. Semoga mbak Ratna panjang umur, sehat selalu agar bisa sering bonding and traveling bareng anak-anaknya. hehe

    ReplyDelete
  12. Wah seru Banget bisa piknik berdua. Singapore emang paling cocok sih buat piknik santai, karena dekat dengan Indonesia.

    ReplyDelete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !