Upaya Menjaga Daya Tahan Tubuh dari Radikal Bebas

by - July 29, 2018

Semenjak kepergian ayah saya empat tahun lalu karena kanker tulang yang dideritanya, saya jadi punya perhatian lebih akan penyakit ini.  Dimulai dengan mencari tahu hal-hal apa saja yang bisa menjadi pemicu penyakit kedua mematikan sedunia setelah kelainan jantung (WHO-2015).

Ternyata ada banyak penyebab kanker, tergantung dari varian kanker yang diderita.  Masih menurut catatan WHO; ditemukan bahwa 1 dari 3 kasus kematian yang disebabkan oleh kanker disebabkan karena lima hal berikut; indeks massa tubuh yang tinggi, asupan buah dan sayuran yang rendah, kurangnya aktivitas fisik, penggunaan tembakau dan terakhir adalah konsumsi alkohol.




manfaat-cni-ester-c-plus


Semasa hidupnya -terutama saat usia mudanya- almarhum ayah memang perokok aktif.  Setelah pensiun, frekuensi merokok menurun tapi tetap tidak berhenti total.  Apakah kebiasaan tersebut memicu transformasi sel-sel normal tubuhnya bermetastase menjadi sel kanker?  Wallahu alam.

Karena metastase yang dialami oleh almarhum ayah saya adalah kanker tulang.  Bukan menyerang paru-paru jika memang itu disebabkan oleh rokok yang lekat dengan sistem pernafasan.

Terlepas dari itu semua, saya jadi paranoid dengan asap rokok. Jika dari jauh terlihat kerumunan orang merokok, saya memilih menghindar.  Jika ada teman atau kerabat yang merokok, saya akan menjauh selama mereka menikmati batang-batang putih sepanjang 9cm (keinget pusinya Pak Taufik Ismail 😎) untuk kembali bergabung setelah acara hisap-hisapan asap usai.

Belum berhenti sampai di situ.  Saya sampai meniadakan keberadaan asbak di dalam rumah.  Adanya asbak di dalam ruangan sama artinya dengan memfasilitasi.  Dan sejauh ini alhamdulillahnya suami sudah berhenti merokok selama 12 tahun.  Bagaimana jika ada tamu yang ingin merokok?  Dengan halus akan 'diarahkan' untuk melakukannya di teras halaman rumah 😉


cara mudah #jagadayatahantubuh cni ester c plus


Terlalu ekstrim?  Mungkin.  Tapi itu berangkat dari sebuah kesadaran yang mengkristal lewat fase paling menyedihkan dalam hidup saya bahwa hanya dalam hitungan bulan, sel-sel agresif itu dapat merangsek tubuh tua ayah saya.

Alhasil, seusai periode yang menjungkir-balikkan emosi dimulai dari vonis dokter, malam-malam yang panjang di rumah sakit, untaian doa yang tak usai hingga kini, serta air mata; maka sepanjang saya bisa menjauhkan faktor pemicunya, sejauh itu pula saya akan mengupayakannya demi terhindar dari kanker yang sudah menelan korban hampir 9 juta manusia di seluruh dunia (WHO-2015).

Sayangnya sama seperti paparan polusi asap kendaraan, virus yang kasat mata, zat pengawet pada makanan; asap rokok ternyata termasuk kategori radikal bebas yang sulit untuk dihindari.  

Radikal Bebas

Lalu, apakah radikal bebas itu?

Okey, kita kembalikan ingatan pada pelajaran biologi jaman sekolah dulu nih.

Dari hasil browsing sana-sini, singkatnya radikal bebas adalah molekul tubuh yang tidak seimbang.  Harusnya dia berpasangan.  Karena molekul tersebut memiliki lebih atau kurang dari satu elektron, menjadikannya tidak stabil.  Hmm, mirip manusia ya?  Harus berpasangan 😁

Agar seimbang, si molekul tubuh akan mencuri atau memberikan elektron yang dimilikinya ke molekul lain.  Akibatnya struktur kimia (DNA) si molekul akan berubah sehingga timbul sel baru yang mutan.


#jagadayatahantubuh CNI ester C



Di saat radikal bebas menyerang molekul lain, molekul yang awalnya netral akan diubah menjadi radikal.  Proses ini mengakibatkan reaksi berantai yang dapat menyebabkan kehancuran sel.  Tidak heran, penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas tergolong kronis.  Dibutuhkan waktu bertahun-tahun agar suatu penyakit tersebut menjadi nyata.

Selain kanker; gangguan pada jantung, alzeimer adalah contoh penyakit yang dianggap bertanggung jawab atas radikal bebas.   Penuaan dini disebabkan sel baru yang tumbuh tidak sempurna sebagai akibat DNA yang rusak.

Walau begitu, radikal bebas juga penting lho.  Kemampuan tubuh mengubah udara dan makanan menjadi energi, ternyata bergantung pada reaksi berantai dari radikal bebas.  Selain kekebalan tubuh dan menyerang zat asing yang masuk ke tubuh kita.

Apa yang harus dilakukan untuk menangkal bahaya radikal bebas?

Adalah antioksidan, molekul dalam sel yang dapat mencegah radikal bebas mengambil elektron.  Sehingga radikal bebas tidak menyebabkan kerusakan sel.  Keberadaan antioksidan ini mengendalikan jumlah radikal bebas dalam tubuh kita.

Sesungguhnya tubuh manusia dapat menghasilkan antioksidan namun jumlahnya seringkali tidak cukup untuk menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.  Atau, tubuh tidak memiliki persediaan zat pemicu untuk menghasilkan antioksidan yang dibutuhkan.  Pada kondisi seperti inilah, manusia membutuhkan antioksidan dari sumber luar.

Glutathione merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat.  Tubuh manusia dapat menghasilkan zat ini asalkan asupan vitamin C sebesar 1.000 mg terpenuhi.  

Selain vitamin C, ternyata dalam sehari tubuh butuh kandungan 3.000 ORAC atau Oxygen Radical Absorbance Capacity sebagai anti oksidan alami untuk tubuh atau setara dengan konsumsi buah-buahan dengan porsi masing-masing sebagai berikut.


#jagadayatahantubuh dengan cni ester c plus


Bayangkan jika dalam sehari kita harus melahap buah-buahan sebanyak itu.  Beneran sanggup?  Padahal kita semua maklum dengan life style jaman now yang serba cepat, makanan pun lebih sering disajikan instan.  Banyak dari kita yang cenderung mengonsumsi fast food dibanding makanan berserat macam sayuran apalagi buah-buahan.

Namun berkat Ester-C Plus dari CNI, kita sudah dapat memenuhi kebutuhan ORAC tersebut dengan mengonsumsi 1-2 tablet per harinya (lihat aturan pakai).  Manfaat lainnya adalah menjaga daya tahan tubuh. Nah, ini penting banget apalagi bagi yang punya aktivitas padat setiap harinya.

cara mudah #jagadayatahantubuh CNI Ester C Plus


Tidak hanya mudah dikonsumsi, cara mendampatkannya pun tidak sulit. Akses saja www.geraicni.com untuk memilih apakah akan membeli Ester-C Plus dalam kemasan botol atau strip isi 40 tablet.  Lalu klik sesuai pilihan, bayar dan tunggu hingga pesanan Anda diantar di rumah.  Mudah bukan?

Ternyata menjaga daya tubuh dari radikal bebas bisa kita upayakan dari hal yang sederhana, ya.



You May Also Like

20 comments

  1. Yes menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Terutama saat harus bayar tagihan pengobatan. Berasa bangett ^_^

      Delete
  2. Cuaca lagi gak menentu gini perlu banget ini Ester C. Dosisnya lebih mantap dari Vit C biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Teh Ani. Baik cuaca lokal maupun global, sama bapernya belakangan ini.

      Delete
  3. Ester C bisa jaid salah satu andalan saya untuk meningkatkan stamina. Apalagi kalau udah berasa kurang enak badan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau gak mau saya jadi maksain diri untuk sedia suplemen ini. Sadar diri, umur euyy hihi

      Delete
  4. Antioksidan itu emang perlu banget ya buat tubuh, aku berusaha dapatin dari buah setiap hari namun tetap harus dibantu dengan suplement, lha bener kata Ratna, harus melahap berapa banyak buah? heheheh... vitamin C tiap hari itu wajib banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak-banyak makan buah, antara mules di perut atau mules di kantong. Sama-sama mulesnya, Don hahaha

      Delete
  5. heuu aku dulu selalu sedia asbak di rumah buat alm mamah n bapak mertua yg perokok. setelah sakit, beliau2 ini sadar bahaya rokok dan berhenti. andai sadarnya lebih awal, insha Allah badan lebih sehat dan fit skr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merokok memang addict. Tidak mudah membuat seseorang mau berhenti. Sama seperti jenis addiction yg lain, keinginan itu harus muncul dari orang ybs.

      Delete
  6. Oh ternyata ester-c plus ini ada dalam bentuk cair ya? jujur saya suka males minum vitamin kalo bentuknya kapsul.. cuss ke geraicni ahh nyari ester-c plus biar tetep fit dan terhindar dari penyakit.. thanks sharingnya mba.. :)

    ReplyDelete
  7. Aku juga mengkonsumsi supplement Vit C. Terutama kalau terlalu repot mengkonsumsi buah..Walau sebenarnya buah dan supplement tak bisa saling menggantikan, setidaknya dengan tambahan vit c, anti radikal bebas masih berjaya lah dalam tubuh :)

    ReplyDelete
  8. Makasih sharenya mbaa, aku cari ah Ester c

    ReplyDelete
  9. ini mamaku banget teh, suka stok Ester C buat anak2.
    maklum anak-anaknya suka pilekan, daya tahan tubuhnya lemah jadi sering kena pilek.

    hanupis sharingnya :)

    ReplyDelete
  10. Wahhhh ternyata begitu ya bisa merusak sel juga, harus selalu sehat terus nih agar tubuh tetap selalu terjaga dengan Ester-C Plus, dan bisa dibeli secara online juga kalau misalnya di toko pasaran ga ada. Mudah dan nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesehatan memang punting sekali. Bagi saya, kesehatan itu modal utama. Palau ngga sebat, mau beraktivitas pun ngga semangat :)

      Delete

Hai ^_^
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya di blog ini.
Silakan tinggalkan komentar yang baik.
Mohon maaf, komentar anonim maupun yang sifatnya spam, tidak akan dipublikasikan.
Keep reading and Salam !